Gelar Musdes RKPDes Tahun 2024, Desa Imigrasi Permu Bangun Tanggul dan Jalan Ke Sekolah

Kepahiang, Word Pers Indonesia – Pemeritah Desa Imigrasi Permu Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu di balai desa Imigrasi Permu hari ini Selasa (29/82023) melaksanakan Musyawarah Desa (MUSDES) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024, penyelenggaraan tersebut dilaksanakan oleh BPD desa.

Musyawarah ini dihadiri Kepala desa Imigrasi Permu, M Yunis dan seluruh perakat desa, Pihak Kecamatan, Bhabinktipmas, P3MD, LPM, TP PKK Desa Imigrasi Permu, Karang Taruna, dan tokoh Masyarakat setempat.

Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024 tersebut tujuannya adalah untuk menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa Imigrasi Permu, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan atapun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa Imigrasi Permu menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024.

Pelaksanaan Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024 mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Sedangkan prioritas Penggunaan Dana Desa mengacu pada Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Dalam sambutannya, selaku Kepala Desa, M Yunis mengatakan untuk seluruh masyarakat Desa Imigrasi Permu hendaknya bersama-sama, bergotong royong, menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa sehingga kedepannya nanti Desa Imigrasi permu bisa menjadi lebih baik dalam sisi Pembangunan, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan seluruh aspek yang bisa menjadikan Desa bisa lebih maju.

BACA JUGA:  DPD Ikatan Penasihat Hukum Indonesia 1987 Yogyakarta Kembali Aktif Dengan Dilantiknya Ketua Baruo

“Pelaksanaan Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024 berjalan dengan lancar dan terjadi interaksi komunikasi, sharing, diskusi dengan audien yang hadir dalam musdes tersebut. Semoga kedepannya Desa Imigrasi Permu semakin mandiri dan berkembang”. terang Yunis.

Lebih Lanjut, M Yunis mengungkapkan bahwa terkait pembangunan prioritas 2024 yakni Membangun jalan menuju ke sekolah SD.

“Memang tanah itu milik Desa, dan itu inpres sebelumnya milik desa dihibahkan kepada sekolah, jalan itu rusak tergerus oleh air , maka dari itu priorotas Kami 2024 untuk membangun jalan ke sekolah tersebut,” ujar Kades.

Sementara itu, Kades menjelaskan untuk Tahun 2023 ini ada juga pembangunan, yakni Tanggul untuk lingkungan Dua dan masuk dalam kategori ketahanan pangan ada persawahan dan pengairan untuk ternak ikan.

“Kegiatan 2023 ini, kita membuat tanggul (Beronjong) untuk ketahanan pangan yakni mengairi area persawahan dan disana ada juga ternak ikan, sesuai dengan aspirasi warga desa maka akan dibuat Tanggul agar kebutuhan pengairan dan persawahan terpenuhi,” terangnya.

Sementara itu, terkait anggaran M Yunis membeberkan bahwa pihaknya akan melihat dulu seberapa anggaranya.

“Kita lihat dulu Dananya, Nanti akan kita limpahkan. mana saja yang mendesak akan kita Alokasikan segera,” tutup M Yunis.

Kontributor: Robiul
Editor: Redaksi