Prof. Paschalis Maria Laksono, Guru Besar UGM, Siap Jadi Panelis Debat Capres Kelima

Word Pers Indonesia – Prof. Paschalis Maria Laksono Ph.D, seorang Guru Besar Antropologi dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), telah ditunjuk sebagai salah satu dari 12 panelis untuk debat calon presiden (capres) yang akan berlangsung pada 4 Februari 2024. Debat ini merupakan sesi terakhir dari serangkaian debat pemilihan presiden (pilpres) 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Sebagai seorang akademisi yang berpengalaman, Prof. Paschalis telah mengajar di berbagai universitas di Indonesia, termasuk Universitas Cendrawasih, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Beliau pernah memperoleh Scholar in Residence Award dari Fulbright dan mengajar Antropologi Politik dan Antropologi Agama di Lafayette College, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Profil Pendidikan Paschalis Maria Laksono mencakup perjalanan akademis yang luas, mulai dari Sarjana Muda Antropologi di Universitas Gadjah Mada hingga gelar Ph.D. di bidang Antropologi dengan minor Southeast Asian Studies di Cornell University, USA.

Debat kelima ini akan menampilkan tiga calon presiden yang bersaing dan menjadi penutup dari serangkaian debat kampanye Pilpres 2024. Para panelis, termasuk Prof. Paschalis Maria Laksono, akan membahas berbagai tema penting seperti kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia, teknologi informasi, dan inklusi.

Berikut adalah nama-nama panelis debat Pilpres kelima:

  1. Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed (Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin)
  2. Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D. (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027)
  3. Bahruddin (Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah)
  4. Damar Juniarto, S.Sos. (Akademisi di UPN Veteran Jakarta)
  5. Prof. Emiritus PM Laksono Ph.D. (Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, UGM)
  6. Imam Prasodjo (Sosiolog Universitas Indonesia)
  7. Onno Widodo Purbo. PhD. (Ahli Teknologi Informasi/Wakil Rektor Institut Teknologi Tangerang Selatan)
  8. Dra. Reni Kusumowardhani M.PSI. (Psikolog Himpunan Psikologi Indonesia)
  9. Timboel Siregar, S.SI, SH, MM (Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia)
  10. Tolhas Damanik, M.Ed (Penasihat Hak Disabilitas pada General Election Network for Disability Access)
  11. Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D. (Dosen Pascasarjana Program Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta)
  12. Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph.D. (Guru Besar di bidang PAUD dan Gender, Universitas Pendidikan Indonesia)
BACA JUGA:  Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2024 Dibuka, Berikut Jumlah Formasinya

Debat kelima ini diharapkan menjadi momentum penting untuk mendengar pandangan dari panelis terkait isu-isu krusial dalam pembangunan dan kehidupan berbangsa.

Editor: ANasril