Kabel Provider Semrawut di Tiang PLN Mukomuko: Ancaman Bahaya dan Pemandangan Rusak!

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Keberadaan kabel sejumlah provider yang menempel di tiang listrik kini kian marak dijumpai di kota, kecamatan dan desa di wilayah kabupaten Mukomuko. Selain membahayakan, kabel Wifi tersebut tentu juga sangat mengganggu pemandangan. Tidak heran jika banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Mirisnya, kabel-kabel itu rata-rata tidak memiliki izin yang resmi dari PLN. Sebab, hanya lcon+ yang berizin secara resmi.

Bahkan,sampai sekarang Hal itu membutuhkan tindakan pasti, agar bisa lebih tertib. Ada dugaan kabel- Kabel yang di Gunakan juga tidak berstandar SNI, dan itu Hampir di seluruh wilayah Di Kabupaten Mukomuko.

Hasil dari Investigasi Awak media di lapangan, Kabel jaringan internet wifi yang sangat meresahkan warga tersebut terlihat hanya di kaitkan di tiang-tiang PLN dan makin lama seperti Tumbuhan liar bagaikan SEPERTI BENALU.

Zulkifli, salah seorang warga Kelurahan Bandarratu,kecamatan kota mukomuko mengatakan secara Terus terang bahwa semakin hari tiang listrik memang semakin banyak dipenuhi dengan kabel lain, misalnya kabel provider,fiber optik, dan lainnya.

“hal tersebut semakin membuat kesan yang tidak rapi bagi suatu daerah. Heran aja, semakin hari kok semakin menjamur dan sangat tidak enak di pandang mata.kira-kira apa mereka sudah izin ke pihak PLN.hal tersebut tentu saja sangat merugikan pihak PLN dan juga tentu saja sangat membahayakan bagi warga dan petugas PLN,” terang Zul.

Sementara itu, Dedy salah seorang warga Desa lubuk mukti kecamatan Penarik menilai, memang di satu sisi keberadaan kabel wifi memang dibutuhkan. Namun, kabel penyalurannya saat ini cukup mengganggu.

“Khususnya yang di letakkan pada tiang listrik milik PLN. Oleh sebab itu, dia berharap pihak terkait segera melakukan penertiban.”Kalau terus dibiarkan bebas, ya gak etis juga ini,” katanya.

BACA JUGA:  Etika Naratif Dalam Islam "Kajian Teori Moral Ddalam Dunia Multikultural"

Untuk diketahui, transformator atau trafo adalah komponen yang memiliki peran yang cukup penting dalam proses pendistribusian yang terjadi pada tenaga listrik yang sumbernya dari PLN hingga diangka ratusan kilosatuan volt untuk di distribusikan kepada para pelanggan.

Terkait hal tersebut, salah seorang petugas PLN Mukomuko yang enggan disebutkan namanya kepada Wordpers
mengatakan bahwa pihaknya memang pernah melakukan teguran secara lisan kepada para vendor wifi agar tidak memasang kabel wifi di tiang listrik milik PLN.

“Sudah pernah diberi teguran, Tapi sampai saat ini belum di indahkan juga. karna terus terang saja dengan adanya kabel Wifi yang semakin hari semakin semrawut, hal itu tentu saja sangat tidak enak d pandang mata dan selain itu juga rentan dengan keselamatan petugas PLN. saya sangat berterimakasih sekali kalau ada awak Media yang mau menyuarakan terkait hal ini,” katanya. (Bbg)