ACEH BARAT||WordPers – Indonesia : Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat terus memberikan pelayanan berbasis digital bagi masyarakat maupun para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan PUPR Aceh Barat.
Kepala Dinas PUPR Aceh Barat, Kurdi menyampaikan pelayanan ini berbasis aplikasi tersebut guna memberi kemudahan akses baik bagi masyarakat maupun ASN di Dinas PUPR setempat untuk mempermudah akses layanan untuk masyarakat.
“Aplikasi digital ini sendiri saat ini berbasis website, Dengan aplikasi ini kita harapkan dapat meningkatkan pelayanan serta lebih efektif dan efisien baik secara internal kita maupun eksternal.”
Aplikasi ini hanya dapat diakses secara eksternal yakni layanan masyarakat dapat memuat laporan kerusakan infrastruktur atau pun usulan kegiatan yang bisa di lakukan oleh dinas Pupr Aceh Barat.
Untuk internal PUPR Aceh Barat tersebut memiliki beberapa menu diantaranya seperti arsip surat menyurat, kepegawaian, sistem perjalanan dinas lalu ada kebutuhan data Badan Pemeriksaan Keuangan (Kedap BPK).
Tambanya, terdapat menu realisasi fisik kegiatan dinas realisasi fisik ini sebagai informasi bagi pimpinan di dinas tersebut guna mengetahui kegiatan yang sedang dilakukan serta tingkat realisasinya.
Dapur Digital ini merupakan inovasi yang dirancang oleh Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Aceh Barat, Fadly Octora dalam keterangannya lewat aplikasi ini pula sebutnya kini dokumentasi dan kearsipan menjadi terintegrasi dan tersimpan dengan baik.
“Timbulnya aplikasi ini berawal dari diskusi antara ia dengan Kadis PUPR Aceh Barat sehingga terciptanya aplikasi ini.”
Aplikasi ini awalnya dirancang untuk kemudahan bagi instansi tersebut dalam menyimpan dan merekam dokumen secara elektronik, dan kemudian terus dikembangkan hingga menyediakan menu-menu yang dapat diakses oleh masyarakat sendiri yakni Layanan Masyarakat dan Layanan Tata Ruang.
Fadli menambahkan, aplikasi ini memiliki fungsi merekam semua kegiatan baik berupa surat menyurat, perjalanan dinas para ASN di instansi tersebut hingga laporan masyarakat yang disampaikan lewat layanan masyarakat, maupun lewat layanan tata ruang.
Menariknya aplikasi yang pertama sekali diciptakan pada tahun 2021 ini juga masuk sepuluh besar pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang diikutinya dan diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara.
Aplikasi ini bisa di cari di website “www.dapur.acehbaratkab.go.id dan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan laporannya tinggal klik layanan masyarakat. Nantinya akan ada step [langkah-langkah] yang diarahkan. Jadi nanti pelapor mempersiapkan dokumen foto dan menyampaikan persoalan dan lokasi, lalu akan di periksa oleh tim kita,” tutupnya.