Aceh Barat Peringkat 1 Se-Aceh dan 22 Indonesia Inflasi Tertinggi, SMNI : Penghargaan PJ Bupati Omong Kosong Belaka

Meulaboh , Word Pers Indonesia – Aceh Barat Menjadi Kabupaten dengan Inflasi tertinggi di Aceh dan Menduduki Posisi ke 22 kabupaten/kota Seluruh Indonesia menurut data yang dipaparkan melalui release resmi BPS Aceh Barat pada (Kamis, 2 Februari 2023), hal ini menjadi sebuah hal yang memalukan menurut pandangan SMNI Aceh Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Oges Selaku Ketua, bahwa ia sangat menyayangkan hal tersebut bisa terjadi dan beranggapan bahwa selama ini PJ bupati bukanya mengendalikan atau menurunkan angka Inflasi malah sibuk pencitraan publiknya selama ini dan penghargaan yang didapatkan , dengan dikeluarkannya data BPS per Januari tersebut.

” Sangat disayangkan omong kosong PJ bupati telah terbantahkan terkait dengan kerja dama yang saya lihat lebih ke arah pencitraan publik belaka bukanya mencari solusi konkret serta penghargaan yang kami anggap itu hanya omong kosong belaka untuk menutupi hal yang sebenarnya” sesal oges.

Oges juga menuturkan, bahwa seharusnya PJ Bupati Aceh Barat Fokus memikirkan konsep atau cara dalam menangani inflasi tersebut dan berupaya dalam menurunkan harga sembako yang kian melambung tinggi serta penguatan ekonomi mikro didataran masyarakat sehingga dapat meminimalisir inflasi yang terjadi.

“Seharusnya PJ itu fokus ajalah pikir konsep sama cara daerah tangani inflasi dan turunlah harga sembako yang semakin tinggi serta penguatan ekonomi mikro bukanya sibuk pencitraan!” Tutur Oges.

Oges juga menyarakan kepada PJ Bupati untuk mengelola APBD dengan sebaiknya dalam penanganan pengendalian Inflasi dan mensubsidi anggaran daerah untuk membantu masyarakat, serta menggunakan anggaran belanja tidak terduga dalam pengendalian inflasi dikarenakan Jokowi telah memberi lampu hijau serta telah dituangkan melalui kebijakan pemerintah pusat.

BACA JUGA:  Bupati Kepahiang Launching UHC Sekaligus Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

“Kita menyarakan 3 hal pada PJ dalam pengendalian Inflasi seperti mengelola APBD untuk pengendalian Inflasi dan mensubsidi anggaran kepada angkutan umum, umkm mikro dan masyarakat kurang mampu, serta menggunakan anggaran belanja tidak terduga daerah karena presiden sudah memerintahkan dan memberikan izin lewat aturan pemerintah” Tutup Oges.

Data BPS Kabupaten Aceh Barat.

Inflasi di Meulaboh tercatat paling tinggi di Provinsi Aceh, dibandingkan dengan Kota Banda Aceh yang inflasi sebesar 5,58 persen dan Kota Lhokseumawe 4,98 persen. BPS menghitung inflasi Aceh di tiga kota tersebut.

Inflasi didominasi tingginya angka beberapa komoditas yang memiliki andil sumbangan dominan terhadap inflasi antara lain bensin sebesar 1,1578 persen; beras sebesar 0,6299 persen; angkutan udara sebesar 0,3924 persen; tempe sebesar 0,3730 persen; dan cabai merah sebesar 0,358 persen

Sementara secara Nasional, tingkat inflasi Year on Year (YoY) Indonesia pada bulan Januari 2023 sebesar 5,28 persen dari 90 kota IHK, seluruh kota mengalami inflasi YoY.

Secara urutan inflasi YoY tertinggi, Kota Meulaboh berada pada urutan 22 dengan inflasi YoY sebesar 6,36 persen. (Wak Rimba)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan