Blitar Sonya, Upacara Adat Larung Sesaji, Gunakan Kebaya dan Jarik Cara Melestarikan Budaya Leluhur

Blitar, Word Pers Indonesia – Ketua TP PKK Desa Panggungrejo, Blitar Sonya Setia Negara bersama Kepala Desa Panggungrejo, Karendrata SE menghadiri kegiatan upacara adat Larung Sesaji 3 Muharram 1446 Hijriyyah, bertempat di Pantai Serang kecamatan Panggungrejo kabupaten Blitar, Selasa (9/7/2024).

Acara ini merupakan tradisi tahunan yang selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat Blitar dan juga wisatawan dari berbagai daerah.

Ketua TP PKK Desa Panggungrejo Blitar Sonya Setia Negara mengatakan,hari ini TP PKK Desa Panggungrejo hadir mengikuti upacara adat Larung sesaji sebagai bentuk mensupport kegiatan yang ada di Desa Serang.

“sebagai bentuk kolaborasi bahwa kami juga bagian dari implementasi kearifan lokal dan implementasi budaya daerah,”kata Blitar Sonya pada awak media.

Lebih lanjut Blitar Sonya memaparkan, bagaimanapun juga kita harus bisa mengapresiasi apa yang dikerjakan oleh Desa Serang dan kita bisa meneladani bentuk-bentuk dari multikultural yang dimiliki masyarakat desa Serang.

“Salah satu edukasi yang sederhana itu dengan tidak meninggalkan cara busana daerah yang selama ini memang sudah melekat dari turun temurun,”paparnya.

Menurut Blitar Sonya, jadi ketika datang ke kegiatan-kegiatan yang sifatnya tradisional kita menggunakan kebaya dan jarik itu termasuk cara melestarikan budaya-budaya leluhur.

“Dengan kami menghadiri kegiatan upacara adat Larung sesaji Desa Serang hari ini kedepannya kami dari Desa Panggungrejo mungkin akan melakukan kegiatan yang sifatnya serupa tapi disesuaikan dengan geologi, kalau di Serang larungan di laut dan kami di Desa Panggungrejo ada gunung dekat dengan air terjun, kita bisa improvisasi kira-kira kegiatan-kegiatan dengan serupa,”jelasnya .

Ketua TP PKK juga sangat mengapresiasi kepada Desa Serang yang telah melaksanakan kegiatan upacara Larung Sesaji. Dengan harapan Desa Serang semoga semakin maju, lestari dan bisa menginspirasi.

BACA JUGA:  Hasanuddin: Tidak Efektif Bila Kesalahan Yang Sama Dilakukan Berulang Kali

“Begitu pula kami berharap Desa Panggungrejo semoga dapat meneladani prestasi Desa Serang yang sudah rutin dilakukan setiap tahunnya,”pungkasnya. (Etk)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan