Bupati Kepahiang Launching UHC Sekaligus Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

0
Bupati Kepahiang saat Launching UHC Bersama BPJS Kesehatan Foto/Dok

Kepahiang, Word Pers Indonesia Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid.,MM.,IPU melaunching universal health coverage (UHC) bersama BPJS Kesehatan, Selasa (22/11/2022) pukul 10.00 Wib di Aula Serbaguna Wulandari Kepahiang.

Turut hadir Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Selatan dr. Siti Farida Hanoum, Sekda Kepahiang Dr. Hartono, Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Puskesmas serta jajaran instansi lainnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Juga menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan atas komitmen mempertahankan Universal Health Coverage sampai tahun 2022.

Untuk Diketahui, Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

“UHC merupakan wujud komitmen untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Kepahaing. Dengan tercapainya UHC ini maka kami berharap dapat meningkatkan derajat kesehatan penduduk Kepahiang serta meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan penduduk dimanapun berada serta terciptanya penataan pelayanan dan pembiayaan secara adil dan merata,” ungkap Bupati Dayat dalam sambutannya.

Bupati juga menekankan kepada Dinas Kesehatan dan seluruh fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Kepahiang agar fokus terhadap seluruh layanan kesehatan, tidak ada diskriminasi atau membeda–bedakan layanan kepada peserta JKN.

“Launching UHC ini harus diimbangi dengan pelayanan kesehatan yang baik pada masyarakat. Sehingga masyarakat yang mengakses UHC ini dapat memperoleh jaminan kesehatan tanpa diskriminasi,” harap Bupati.

Saat ini pada tahun 2022 pemerintah kabupaten kepahiang melalui dinas kesehatan menganggarkan untuk jaminan kesehatan daerah sebanyak 27.622 peserta sampai bulan Desember 2022 dan alhamdulilah kuota peserta tersebut s.d bulan November 2022 ini sudah terpenuhi sebanyak 27.147 peserta dan aktif semua.

Seiring dengan terpenuhinya peserta jamkesda tersebut per 01 November 2022 ini jumlah kepesertaan JKN-KIS seluruhnya di kabupaten Kepahiang mencakup 96,43% ( dari total penduduk 153.232 jiwa sudah terdaftar sebagai peserta jkn-kis sebanyak 147.765 jiwa). (Rabiul)