Destinasi Wisata Desa Talang Baru Mukomuko, Masuk Usulan Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

0
Air Terjun Desa Talang Baru, Malin Deman, Mukomuko Foto/Dok Sofian R
Air Terjun Desa Talang Baru Malin Deman Mukomuko Foto/Dok Sofian Rafflesia Fb

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Desa Talang Baru Kecamatan Malin Deman Kabupatem Mukomuko adalah salah satu desa yang memiliki 4 ikon wisata Favorit.

Wisata tersebut diantaranya lokasi Air Terjun, Perbukitan Pungguk Semayam (Habitat Bunga Raflesia), Sungai Batang Muar, Areal Persawahan dan beberapa tempat bersejarah lainnya.

Kepala Desa Talang Baru, Tukin, S.pi mengatakan bahwa Sebagai langkah awal untuk mendukung proses pengembangan wisata desa, beberapa waktu lalu disparpora melalui kabid pariwisata telah menyarankan untuk membentuk pokdarwis sebagai pengelola wisata yang ada didesa dan saat ini kelompok tersebut telah dibentuk dan terdaftar di disparpora kabupaten Mukomuko.

“Untuk itu, Pemerintah Desa Talang Baru dan warga sekitar sangat berharap kedepannya cita-cita untuk menjadi desa wisata tersebut akan terwujud dan bisa dikenali oleh pengunjung manca negara,” ujar Kades Muda tersebut, Selasa, 25/10/2022.

Diketahui, saat Ini Wisata Desa Talang Baru juga masuk dalam daftar Desa yang di Usulkan untuk Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Bengkulu.

Beberapa Foto Wisata Desa Talang Baru foto/Dok

Seperti yang dijelaskan Pihak Disparpora Mukomuko, melalui  Kepala Bidang Pariwisata, Rizkan, SE, sebelumnya ia mengatakan, ada Desa Talang Baru, Kecamatan Malin Deman yang menyajikan potensi wisata kehidupan pedesaan dengan view persawahan, juga ada habitat bunga raflesia yang berlokasi di bukit raflesia, yang sebelumnya pernah tumbuh bunga raflesia.

“Ada juga Air Terjun Talang Baru, yang diketahui lokasi ketiga destinasi wisata tersebut berdekatan. Dan itu semua dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),” ujarnya. (Red)