Kisah Sukron, Mendayung Sepeda 3 Km Waktu SMP, Kini Harumkan Daerah Mukomuko Juara Juara 1 Harapan lomba Essay Nasional

Mahasiswa Umb Asal Mukomuko Sukron saat Terima Penghargaan Juara 1 Lomba Essay di UIN Fas
Mahasiswa Umb Asal Mukomuko Sukron saat Terima Penghargaan Juara 1 Lomba Essay di UIN Fas

Word pers Indonesia, Mukomuko – Sukran, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) asal Mukomuko, berhasil mengukir prestasi lomba Essay Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Semarak Raflesia Bidikmisi/KIP-K Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno (UIN-FAS) Bengkulu.

Ia berhasil mendapatkan Juara 1 Harapan dalam lomba menulis esai tersebut, yang diumumkan secara Offline hari Kamis, 25 Agustus 2022.

Menurut Wakil Rektor II dalam penutupan dan pengumuman pemenang yang diselenggarakan secara Luring, antusias peserta tahun pertama ini sangat luar biasa. Ada 116 Mahasiswa/i yang mengikuti kegiatan SERADIKIPNAS yang terbagi dalam 4 cabang perlombaan Nasional, lomba Essay, lomba MTQ, lomba pidato dan lomba kisah inspiratif.

Sukron mengatakan, Di dalam kompetisi Essay tersebut, Isi Essai berjumlah 3- 7 halaman, tidak termaksud daftar pustaka dan lampiran dengan tema: “Menumbuhkan Nilai-Nilai Kekeluargaan dan Peran Pemuda sebagai Moral Force Melalui SERADIKIPNAS 2022”

“Mengikuti lomba Essay Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, memiliki kesan tersendiri bagi saya dan ini merupakan lomba Essay Nasional yang pertamakali saya ikuti,” ungkap Sukran di Bengkulu.

Ia juga mengatakan bahwa ketika diumumkan pemenang lomba, ia merasa kaget.

“Terus terang saya tidak menyangka bahwa saya akan meraih juara 1 Harapan dalam kompetisi ini karna diikuti oleh kampus-kampus ternama di Indonesia,” imbuhnya.

Sukran merasa bahwa topik esainya sangat menantang karena ia harus bisa menyampaikan ide-ide dengan baik dan benar.

“Dengan tema tersebut, saya memilih untuk mengekspresi ide saya tentang pertanian dan teknologi dengan judul INOVASI APLIKASI SAHABAT TANI (SANI) SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI DALAM MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DARI PERAN PEMUDA SEBAGAI MORAL FORSE,” kata Sukran.

“Pencapaian ini tentu tidak lepas dari dukungan Kampus, keluarga dan doa,” pungkasnya.

Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dr. Novitri Kurniawati, M.P, menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Sukran.

“Kemampuan menulis esai adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh Mahasiswa untuk mempersiapkan studi lanjut dan masa depan mereka. Oleh karena itu, kami sangat mendukung mahasiswa untuk mengikuti lomba-lomba menulis esai seperti ini. Kami sangat mengapresiasi dan merasa bangga, salah satu Mahasiswa kami, Sukran berhasil mendapatkan juara 1 harapan dalam lomba esai yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu,” ujar Novitri Kurniawati.

Dekan FPP UMB juga menyampaikan “Harapan saya, prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi Sukran dan juga Mahasiswa/i yang lain untuk terus berkarya, mengembangkan diri dan belajar terus,” pungkasnya.

Berikut Secuplik Kisah dan Biodata Sukron:

Lahir 16 Desember 1999, Ia sekolah SD di SDN 04 v Koto pondok panjang, SMPN 32 Mukomuko, SMKN 02 Mukomuko, Tamat SD tahun 2012, nganggur 1, tamat SMP tahun 2016, SMK lubuk pinang Tahun 2019.

Perjuangan beliau berangkat sekolah SMP, mendayung sepeda jarak tempuh -+ 3km sampai lulus.

Anak ke 3 dari orang tua PALGANI (ibuk) dan Almarhum IDRIS (bapak).

Untuk diketahui, Lomba Essay Nasional ini merupakan sebuah kompetisi menulis esai dalam bahasa Indonesia yang pertamakali diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu melalui SERADIKIPNAS (Semarak Raflesia Bidikmisi/KIP-K Nasional) untuk Mahasiswa/i di seluruh Indonesia. Tahun 2022 ini adalah tahun ke-1 dari lomba menulis esai yang diselenggarakan oleh UIN FAS Bengkulu. (Red/Bbg)

Next Post

Soal Perselingkuhan Dewan Prov Berlanjut, Polda Bengkulu Segera Lakukan Pemeriksaan Ahli Suara

Ming Agu 28 , 2022
Word Pers Indonesia – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DPRD Provinsi Bengkulu berinisial GY belum lama ini melaporkan istrinya berinisial EG, karena diduga melakukan perselingkuhan dengan  oknum Dewan berinisial HS (sebelumnya disebut ES). Hal tersebut terbukti dengan surat pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Bengkulu […]
Perselingkuhan Dewan Foto Ilustrasi Net
September 2022
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930