Mahasiswa UNIB Juara II Nasional Lomba Bisnis Plan TIMPIWIL 1 Sumatera 2022 UNJA

0
Tampak Para Juara Mahasiswa Universitas Bengkulu memegang Sertifikat dan Piala
Tampak Para Juara Mahasiswa Universitas Bengkulu memegang Sertifikat dan Piala

Word Pers Indonesia – Mahasiswa dari peternakan, fakultas pertanian Universitas Bengkulu (Unib), berhasil mengukir prestasi Nasional pada lomba yang diselenggarakan oleh Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia Wilayah (TIMPIWIL-1) 2022 Pada Tanggal 17-19 Oktober, yang diumumkan secara Offline hari Rabu, 19 Oktober 2022.

Mahasiswa Unib tersebut meraih Juara II Lomba Bisnis Plan yang Diketuai, Dalvikto, Anggota Rio Efendi dan Milarani, dengan nama Tim “MAGGOT CAMKOHA” dengan judul Usaha budidaya black sholdier fly (BSF) Sebagai sumber bahan pakan untuk ketahanan pangan dan dekomposer ramah lingkungan di wilayah bengkulu. serta Juara Harapan 1 Lomba Essay Yakni Sandika Dimas Amanda dengan Judul “Potensi Pengembangan Itik petelur untuk ketahanan pangan nasional”.

Diketahui, Lomba Essay Nasional ini merupakan sebuah kompetisi karya tulis yang berisikan sebuah argumen permasalahan terhadap sesuatu yang disertai dengan fakta didalamnya (dalam hal ini boleh berupa data dan literatur dari referensi terpercaya), tetapi disamping memberikan argument, essay ilmiah juga mencakup solusi terhadap permasalahan yang diberikan. kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Jambi melalui TIMPIWIL (Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia Wilayah 1 Sumatera) untuk Mahasiswa/i di seluruh Indonesia.

Menurut Wakil Rektor III UNJA dalam penutupan dan pengumuman pemenang yang diselenggarakan secara Luring, semangat delegasi sangat luar bisa. Ada 2 cabang lomba Nasional yang diadakan oleh TIMPIWIL yaitu lomba Essay dan lomba Bisnis Plan di dalam kompetisi Essay tersebut, Isi Essai berjumlah minimal 3
halaman dengan tema: “Mengembangkan Potensi Sumberdaya Peternakan Wilayah Sumatera untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Indonesia”

“Dalam perlombaan yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi, tentunya memiliki kesan yang sangat luarbiasa bagi Kami dan ini merupakan lomba Nasional yang ikuti,” ungkap Dalvixto didampingi rekan rekannya.

Ia juga mengatakan bahwa ketika diumumkan pemenang lomba, ia merasa terharu dan bangga bisa membawa nama baik Kampus.

“Jujur, kami terharu dengan ini, kami bisa melakukannya dengan baik didepan juri yang memiliki gelar profesor dan Doktor saja sudah sangat senang, ini prestasi untuk kita semua, sehingga bisa mengharumkan nama baik kampus Universitas Bengkulu dengan meraih juara 2 Lomba Bisnis Plan,” imbuhnya.

Lanjutnya, Perasaan setelah mengikuti perlombaan sangat senang. Karena kami melakukan persiapan lumayan intens.

“Dalam perlombaan ini saya sadar dan akui bahwa “tidak ada kata Qodarullah sebelum anda berusaha. Tapi berusaha dulu baru hasil nya qodarullah.”
Di perlombaan banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, dan ini saya jadikan sebagai pemupuk mental untuk menjadi matang lagi dan siap meberikan kontribusi terbaik kedepan untuk bangsa,” lanjut Dalvixto.

Kemudian, Dalam lomba menulis esai yang bertajuk “Mengembangkan Potensi Sumberdaya Peternakan Wilayah Sumatera Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Indonesia” ini, Sandika Dimas Amanda, selaku pemenang juara Harapan I merasa bahwa topik esainya sangat menarik karena ia harus bisa membuat suatu solusi yang inovatif yang menggabungkan antara peternakan dengan teknologi modern.

“Dengan tema tersebut, saya memilih untuk mengekspresikan ide saya tentang peternakan dan teknologi dengan judul “Potensi Pengembangan Itik petelur untuk ketahanan pangan nasional”,” kata Dimas.

“Pencapaian ini tentu tidak lepas dari dukungan dan do’a Orang Tua, keluarga, Kampus, dan kawan-kawan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Bengkulu, Agustin Zarkani., SP.M.Si., P.Hd, juga menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Bengkulu, Dalvixto dan Kawan-kawan.

“Kemampuan menulis adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh Mahasiswa, baik menulis Essay maupun menulis karya tulis Ilmiah lainnya, untuk mempersiapkan studi lanjut dan masa depan mereka. Oleh karena itu, kami sangat mendukung mahasiswa untuk mengikuti lomba-lomba menulis seperti ini. Kami sangat mengapresiasi dan merasa bangga, Mahasiswa kami, Dalfixto dan Kawan-kawan berhasil mendapatkan juara II dalam lomba Bisnis Plan dan Juara Harapan 1 lomba Essay yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi,” ujar Agustin Zarkani.

Ia juga menyampaikan Harapan besar kepada mahasiswa berprestasi tersebut.

prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi para juara dan juga Mahasiswa/i yang lain untuk terus berkarya, mengembangkan diri dan jangan pernah merasa puas dalam belajar dan berkarya,” pungkasnya. (Red/Ag)