Maju Bersama Budidaya Ikan, Dinas Perikanan Mukomuko Salurkan Bantuan untuk 5 Kelompok Terpilih

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Pemerintah Kabupaten Mukomuko terus berkomitmen memajukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu langkah nyata adalah melalui penyaluran bantuan sarana dan prasarana (sarpras) kepada lima kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di wilayah tersebut, yang bersumber dari pemerintah pusat.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Fitra Juliatmi, menyatakan bahwa bantuan ini didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Tematik 2024 dan saat ini masih dalam proses.

“Anggaran untuk membeli sapras (sarana produksi) ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tematik 2024, dan saat ini masih dalam proses,” ujar Fitra melalui chat WA.

Lebih lanjut, Fitra menjelaskan bahwa jumlah pokdakan yang menerima bantuan kali ini lebih sedikit dari yang diusulkan sebelumnya. “Awalnya kami mengusulkan 8-10 pokdakan, namun yang terealisasi hanya 5 pokdakan, yaitu Pokdakan Mina Makmur di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Penarik; Pokdakan Mandiri Jaya di Desa Marga Mulya Sakti, Kecamatan Penarik; Pokdakan Usaha Budidaya Ikan di Desa Rawa Mulya, Kecamatan XIV Koto; Pokdakan Tunggal Jaya di Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Tras Trunjam; dan Pokdakan Sangkuriang di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Majunto,” jelas Fitra, Rabu (10/7/2024).

Bantuan yang disalurkan meliputi benih dan pakan ikan, serta peralatan pasca panen seperti boks pendingin dan waring. Fitra berharap bantuan ini dapat mengembangkan budidaya perikanan air tawar dan menjadi contoh bagi kelompok budidaya lainnya.

“Bantuan sarana dan prasarana produksi perikanan ini bertujuan untuk mengembangkan budidaya perikanan air tawar sekaligus bisa menjadi contoh bagi pokdakan lain,” pungkasnya. (Adv/Bbg)

BACA JUGA:  Pemkab Mukomuko Apresiasi Upaya Matra Bengkulu Lestarikan Adat dan Budaya Nusantara

Posting Terkait

Jangan Lewatkan