Optimalkan Dana DAK 2024, Mukomuko Berkomitmen Majukan Infrastruktur Perikanan

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko bergerak cepat dalam menyerap anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024. Anggaran yang dialokasikan untuk Dinas Perikanan Mukomuko tahun ini mencapai Rp4,9 miliar. Sejumlah proyek fisik yang didanai oleh DAK 2024 sudah selesai proses lelangnya dan saat ini masih dalam masa sanggah.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto, SP, MSi, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Pelaku Usaha Perikanan (PPUP), Meylani, menyatakan bahwa mereka telah mendapatkan kucuran dana DAK 2024 untuk beberapa proyek fisik.

“Alhamdulillah, tahun 2024 ini Dinas Perikanan dan Kelautan di bidang PPUP kembali mendapatkan kucuran dana DAK untuk berbagai proyek fisik. Proses lelang tender sudah selesai dan sudah ada pemenangnya. Kegiatan tersebut akan segera dilaksanakan untuk penyerapan anggaran, tapi saat ini masih dalam masa sanggah,” ujar Meylani melalui chat WhatsApp, Senin (8/7/2024).

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi:

  1. Rehabilitasi Pasar Ikan di Desa Lubuk Sanai dengan pagu anggaran sebesar Rp401 juta.
  2. Rehabilitasi Pasar Ikan di Desa Tunggang dengan pagu anggaran sebesar Rp300 juta.
  3. Rehabilitasi Unit Pelelangan Ikan (UPI) di Desa Lubuk Pinang dengan pagu anggaran sebesar Rp300 juta.

“Selain itu, perlu diketahui bahwa dari sekian banyak kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mukomuko tahun 2024 ini, sistem pengerjaannya bervariasi. Ada yang melalui tender, ada juga yang penunjukan langsung (PL), dan ada yang menggunakan sistem e-katalog,” tambah Meylani.

Dengan alokasi anggaran yang besar ini, Dinas Perikanan Mukomuko diharapkan dapat meningkatkan fasilitas dan infrastruktur perikanan di daerah, sehingga dapat mendukung kesejahteraan pelaku usaha perikanan dan meningkatkan hasil produksi ikan di Kabupaten Mukomuko.(Adv/Bbg)

BACA JUGA:  Diduga Sebagai Uang Pelicin, Oknum Kades Akui Terima uang Rp. 60 juta dari PT. DDP

Posting Terkait

Jangan Lewatkan