Perekaman KTP dan Persiapan Pilkada: Stok Blangko KTP Elektronik Terbatas di Bengkulu Utara

Bengkulu Utara, WOrd Pers Indonesia Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bengkulu Utara ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dipastikan menipis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Utara, Suwanto mencatat ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik saat ini sebanyak 5.500 keping.

“Stok blangko KTP elektronik di Bengkulu Utara masih tersedia sebanyak 5.500 keping”, ujar Suwanto. Kamis (21/03/2024).

Ketersediaan stok blangko KTP elektronik di Bengkulu Utara diperkirakan untuk dua bulan kedepan yakni bulan April dan Mei. Bila nanti menipis atau berkurang maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dukcapil Provinsi Bengkulu dan pemerintah pusat guna penambahan blangko.

“Ketersediaan blangko KTP elektronik saat ini difokuskan untuk perekaman KTP usia 17 tahun, dan juga untuk perekaman dan pembaruan identitas kependudukan, ataupun untuk KTP yang hilang dan rusak dimakan usia,” jelas Suwanto.

Suwanto juga mengatakan, ketersediaan blangko KTP elektronik yang ada saat ini akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

“Terutama guna mendukung kelancaran pelayanan masyarakat untuk menghadapi pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang, yang mana kepemilikan dokumen KTP elektronik menjadi syarat untuk memilih,” ujar Suwanto.

Selain itu, Suwanto menambahkan untuk ketersedian stok Kartu Identitas Anak (KIA) di Disdukcapil Bengkulu Utara saat ini sebanyak 43.000 keping.(Red)

BACA JUGA:  Gubernur Sampaikan Pesan Penting Pada Pengurus Baru Masjid Raya Baitul Izzah