Pesan dan Harapan Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto di HUT Polwan Ke-74

Kapolres Mukomuko Nuzwanto Foto Bersama Personel Polwan

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Eksistensi Polisi Wanita (Polwan) dalam organisasi kepolisian semakin berkembang. Polri membuka ruang seluas-luasnya kepada Polwan untuk berekspresi dan mengembangkan diri sesuai dengan talenta dan kompetensi yang dimilikinya. Termasuk dalam hal karir.

Keberadaan Polwan hari ini tak bisa dipandang sebelah mata. Paradigma baru menempatkan Polwan pada posisi yang sama dengan Polki (sebutan untuk polisi laki-laki.red). Polwan tidak hanya bekerja dibelakang meja atau sebatas bidang administrasi dan pelayanan semata. Tetapi lebih dari itu, Polwan juga ditempatkan pada tugas-tugas operasional sebagaimana Polki.

Tak sedikit Polwan saat ini yang menduduki posisi strategis. Mulai dari Kanit, Kasat, kapolsek, Kapolres maupun jabatan lainnya yang tak kalah penting. Bahkan beberapa diantaranya sukses mencapai puncak karir dengan menyandang pangkat perwira tinggi.

Kapolres Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, SH. SIk, MH mengungkapkan memasuki usia yang ke-74 ini sudah selayaknya Polwan diberikan Porsi yang lebih besar dalam keikutsertaannya membangun dan mengembangkan Polri.

“Bukan saja dari segi kualitas personel tetapi juga karakter Polwan yang berintegritas, terampil, tegas sekaligus ramah dan anggun merupakan sosok yang menjadi idaman dan harapan masyarakat luas.” Ujar AKBP Nuzwanto.

Pada aspek yang lain, Polwan harus mampu berperan sebagai anggota Polri sekaligus istri dan ibu bagi anak-anak mereka. Ini memang bukan perkara mudah, tapi pengalaman menunjukkan bahwa Polwan Indonesia berhasil menunaikan peran tersebut.

Idealnya, jumlah Polwan adalah 30 persen dari jumlah Polki dimana saat ini masih berkisar 6 persen. Namun demikian Polri terus berbenah dan terus berupaya meningkatkan kapasitas Polwan baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Polres Mukomuko sendiri saat ini memiliki 10 personel Polwan yang terbagi dalam berbagi satuan kerja. Persamaan gender benar-benar kita utamakan dengan menempatkan Polwan pada pos-pos sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

AKBP Nuzwanto menambahkan, di hari jadi ke-74 yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 1 September 2022, merupakan momen yang tepat untuk merefleksi kembali peran Polwan dan menunjukkan eksitensi diri sebagaimana tema HUT Polwan yakni `Polri yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh`

“Selaku pimpinan Kepolisian Resort Kabupaten Mukomuko, saya mengucapkan selamat HUT ke-74 bagi seluruh srikandi Polri dimanapun bertugas. Semoga Polwan Indonesia semakin berprestasi, unggul dan professional dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara. Polwan solid, Polwan unggul, Polwan jaya.” Pungkasnya.(Red_Bbg)

Next Post

Paripurna DPRD Bengkulu Selatan Agenda Penyampaian Nota Pengantar Perubahan APBD TA 2022

Jum Sep 2 , 2022
Word Pers Indonesia – Pada hari Jumat, 2 September 2022 DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar Bupati Terhadap Raperda Tentang Perubahan APBD Kabupaten Bengkulu Selatan tahun anggaran 2022. Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim, S.E didampingi Wakil Ketua I, Juli […]
September 2022
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930