Unsur Pimpinan DPRD Kepahiang Hadiri Festival Budaya Umbung Kutei di Rumah Adat

0
Unsur Pimpinan DPRD Kepahiang Saat Hadiri Festival Budaya AdAT Rejang Foto/Dok

Word Pers Indonesia – Para Pimpinan DPRD Kepahiang dalam hal ini, Wakil Ketua I Andrian Defandra, S.E., M.Si dan Wakil Ketua II Hariyanto, S.Kom., M.M. beserta Ketua Komisi I Nanto Usni hadiri pembukaan Festival Budaya Umbung Kutei yang digelar di Area Rumah Adat Kepahiang pada Kamis, (17/11/2022).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, M.M., IPU ini akan berlangsung pada tanggal 17 November s/d 19 November 2022.

Festival Budaya Kepahiang dengan tema Umbung Kutei merupakan festival yang menampilkan pagelaran serta lomba seni dan budaya Kepahiang, sajian kuliner tradisional juga berbagai kegiatan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Kepahiang menyampaikan bahwa Festival Budaya Umbung Kutei Tahun 2022 ini merupakan pesta adat rejang di masa lalu, yang saat ini kembali dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepahiang dalam rangka melestarikan serta upaya promosi seni dan budaya Kabupaten Kepahiang.

“Festival Budaya ini dilaksanakan demi melestarikan tradisi umbung kutei di Kabupaten Kepahiang agar tidak ikut tergerus oleh kemajuan zaman, selain itu melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat mempromosikan destinasi wisata kita termasuk seni, budaya dan kuliner khas Kepahiang demi kemajuan pariwisata Kabupaten Kepahiang kedepannya,” Sampai Bupati Hidayat.

Beliaupun menyampaikan pembukaan kegiatan ini juga dihadiri oleh Anang Hermansyah dan Ashanty yang merupakan Duta Wisata dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Bengkulu. Selain itu sosok Ashanty sebagai keturunan asli Bengkulu diharapkan dapat ikut mempromosikan wisata alam di Kabupaten Kepahiang melalui Vlog yang rencananya akan dilakukan oleh Anang dan Ashanty di daerah Wisata Kebun Teh Kabawetan.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepahiang berharap Festival Umbung Kutei ini dapat menjadi acara tahunan dan berkontinu setiap tahunnya, sehingga nantinya seni dan budaya di Kabupaten Kepahiang dapat dilestarikan serta semakin maju hingga mendorong kemajuan pariwisata Kabupaten Kepahiang.

Terkait hadirnya Anang dan Ashanty sebagai Duta Wisata dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Bengkulu dalam Pagelaran Festival Budaya Umbung Kutei, Wakil Ketua I DPRD berharap dapat mengenalkan Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Kepahiang di kanca nasional.

“Kita tentu sangat bangga karena Ashanty adalah salah satu putri daerah Provinsi Bengkulu, dimana harapan kami beliau nantinya dapat membawa dan mempromosikan adat, seni dan budaya serta pariwisata di Kabupaten Kepahiang, sehingga Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia,” kata Andrian Defandra.

Diketahui Pembukaan Festival Budaya Umbung Kutei ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kepahiang H. Zurdi Nata, S.IP, Sekda. Kabupaten Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd, Forkopimda Kepahiang, Pejabat Eselon termasuk Sekretaris DPRD Kabupaten Kepahiang Roland Yudhistira, S.Hut. Juga tampak hadir Budayawan Kepahiang Emong Soewandi beserta penggiat seni lainnya. (Adv/Rabiul)