Tiyuh Makarti Dusun 6 Dapat Bantuan P3-TGAI, Ketua Poktan: Ini Dapat Mendukung Kedaulatan Pangan

Tiyuh Makarti Dusun 6 Tubaba Dapat Bantuan P3- PGAI
Tiyuh Makarti Dusun 6 Tubaba Dapat Bantuan P3- TGAI

Tulang Bawang Barat, Word Pers Indonesia – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi P3-TGAI adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan.

Di Tiyuh Makarti, tepatnya di kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan salah satu Tiyuh yang menerima Program P3-TGAI yang digulirkan pemerintah melalui kementerian Pekerjaan umum dan perumahan rakyat dengan tujuan untuk meningkatkan jaringan irigasi secara partisifasif yang melibatkan masyarakat untuk mendukung kedaulatan pangan.

Dikatakan ketua kelompok Tani Makmur bapak Juwedi bahwa program P3-TGAI yang telah digulirkan pemerintah ini dapat mendukung kedaulatan pangan.

“Tentunya pengairan disektor pertanian mudah-mudahan menjadi lancar dan saluran pengairan tertata rapih”.kata Juwedi saat ditemui di lokasi pekerjaan. Selasa (8/06/2021)

Dirinya juga menerangkan bahwa pekerjaan sedang dikerjakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dengan melibatkan warga setempat dengan program padat karya tunai ( PKT) swakelola.

“Alhamdulillah pekerjaan telah terlaksana dengan melibatkan masyarakat sekitar. Untuk volume yang kami kerjakan di Tiyuh Makarti sepanjang 630 M”.ucap Juwedi

Terpisah, Sugiono salah satu warga Tiyuh Makarti , dusun 6 mengucapkan terimaksih karna menurutnya, dengan bantuan tersebut aliran air akan semakin baik dan lancar masuk ke areal persawahan.

“Kami warga masyarakat petani mengucapkan terimakasih kepada pelaksana pekerjaan kelompok Tani Makmur Tiyuh Makarti yang telah melaksanakan pekerjaan dengan baik dan telah melibatkan warga masyarakat setempat dengan padat karya tunai( PKT) dan dikerjakan secara swakelola, serta mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah menurunkan program ini “, ungkap Sugiono kepada tim media.

BACA JUGA:  Petani di Desa Kamplas Lampura Nikmati Bantuan P3-TGAI, Nurzen: Kita Realisasikan Maksimal

Untuk itu kami berharap agar di program berikutnya Tiyuh kami tetap mendapatkan bantuan tersebut. (Davi)