Ketua DPRD Mukomuko Apresiasi Pemerintah dan Petani Wujudkan Ketahanan Pangan

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Pembangunan sektor pertanian adalah bagian dari program Unggulan Kepala Daerah Kabupaten Mukomuko, melalui penyediaan benih unggul dan berkualitas, pemupukan berimbang dan penggunaan alat serta mesin pertanian yang memadai, sehingga program ketahanan pangan daerah dapat terwujud.

Kamis, 11/11/2022, Pemerintahan Daerah Kabupaten Mukomuko laksanakan Panen Raya Jagung pada sistem pertanian Berkelanjutan di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Manjunto, Kabupaten Mukomuko, Kamis (11/10).

Hadir dalam panen Raya tersebut, Wakil Bupati Mukomuko, Dandim 0428/Mukomuko, Ketua DPRD, Sekda, Kapolres, Kajari, Kadis Pertanian beserta jajaran, Camat Air Manjuto dan perangkatnya, Danramil 01/Mukomuko, Kapolsek Lubuk Pinang, Kades dan Perangkat Desa Tirta Mulya, BPD, PPL dan Korluh, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dan Kelompok Tani Mekar Sari Desa Tirta Mulya serta personel Kodim 0428/Mukomuko.

Dikesempatan itu, Ketua DPRD Mukomuko, Ali Saftaini mengapresiasi kepada semua elemen atas terselenggaranya acara tersebut.

“Semoga ini menjadi treker untuk langkah selanjutnya guna mensejahterakan petani dan masyarakat yang ada di Kabupaten Mukomuko, Khususnya Desa Tirta Mulya,” kata Ali.

Ali menyebut, hal ini dilakukan tentunya sebagai upaya kita bersama untuk mendukung ketahan pangan di Kabupaten Mukomuko.

“Panen raya ini juga berguna untuk mengatasi inflasi, dan bukan hanya jagung saja akan tetapi sektor pertanian lainnya juga harus bisa kita jaga, sehingga daerah kita  mampu menghadapi inflasi ini dengan memperkuat ketahanan pangan yang nantinya dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani di Kabupaten Mukomuko,” harap Ali.

Kemudian, Dandim 0428/Mukomuko Letkol Czi Rinaldo Rusdy SIP  juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan petani yang sudah mendukung dan mensukseskan Ketahanan Pangan Nasional di Kabupaten Mukomuko,” sebut Letkol Rusdy Rinaldo.

BACA JUGA:  Dewan Termuda Mukomuko: Fajar Assegaf Tegas Perjuangkan Aspirasi Rakyat

” Kegiatan ini merupakan kepunyaan masyarakat, kami dari kodim Mukomuko bersama Forkompimda hanya ingin menstimulus program ketahanan pangan, bahwa Kabupaten Mukomuko memiliki potensi pertanian yang cukup banyak dan kegiatan ini apabila tidak didukung dari Stake holder maka tidak akan berjalan dengan baik,” jelas Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan,” hasil panen jagung dilahan seluas 5 ini adalah kebutuhan untuk pangan unggas, nantinya akan di “ekspor” ke Sumbar, dan saya sampaikan terima kasih atas keringanan hati para petani karena lahannya digunakan untuk kegiatan ini,” jelas Letkol Rinaldo Rusdy.

” Kedepannya kita butuh pelatihan agar masyarakat kita sendiri yang mampu mengelola bibit, dan terimakasih kepada Pak kadis pertanian yang sudah membantu, dan sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah mendukung ketahanan pangan ini,” imbuh Dandim.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Wakil Bupati Hj Wasri mengucapkan selamat atas panen raya jagung yang dilaksanakan pada hari ini.

”Mudah mudahan kerjasama seperti ini berlanjut untuk kedepannya, dan ini adalah salah satu ketahanan pangan yang juga membantu mengatasi inflasi di Kabupaten Mukomuko, semoga kedepan selain jagung, tanaman padi juga harus kita kembangkan agar ketersediaan pangan di Kabupaten Mukomuko dapat terjaga,” pinta Wabub.

Wakil Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para petani yang telah berkontribusi dalam Ketahanan Pangan dikabupaten Mukomuko.

” Khususnya kepada petani jagung di Desa Tirta Mulya ini, dan terima kasih kepada Dinas Pertanian, atas penyediaan benih dan PPL dalam mendukung petani dalam kegiatan Ketahanan Pangan ini, kedepan kita harus bisa tingkatkan lagi agar para petani kita semakin sejahtera,” tutur Wakil Bupati.  (Adv/Bbg)