DPRD Babel Akan Panggil Pj Gubernur Suganda Bahas Berbagai Persoalan

Word Pers Indonesia DPRD Provinsi Bangka Belitung, berencana akan memanggil Pj Gubernur Bangka Belitung Suganda, untuk melakukan rapat kerja dan silaturahmi dengan sejumlah anggota DPRD Bangka Belitung dalam waktu dekat.

Pj Gubernur Bangka Belitung diminta hadir untuk menjelaskan terkait persoalan di Bangka Belitung yang harus diselesaikan, dari tertundanya pelantikan ASN, zero tambang di Belitung hingga saham di Bank Sumsel Babel.

“Saya sedang mengusulkan ke badan musyawarah, agar sehabis Paripurna hari Selasa nanti ada rapat kerja dan silaturahim bersama Pj Gubernur dan bila perlu kapolda juga kita undang. Kita rapat mensinergikan langkah Babel kedepan. Terkait batalnya pelantikan kemarin kita bahas, jangan sampai ada masalah yang tidak selasa berkepanjangan,” jelas Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung, Beliadi, kepada Bangkapos.com, Selasa (4/4/2023).

Menurutnya, berkaitan dengan batalnya pelantikan ASN di Pemprov Bangka Belitung, perlu diselesaikan.

Terutama mengingat waktu pelantikan saat itu, dianggap terlambat, dilakukan pada akhir masa jabatan.

“Kalau menurut pandangan saya ini bisa benar bisa salah. Berkaitan gagalnya pelantikan itu karena memang sudah terlalu terlambat mutasinya. Waktu sudah benar-benar diujung masa jabatan Pj gubernur. Maka Mendagri pun panjang pertimbangan untuk memberikan persetujuan,” kata Politikus Gerindra ini.

Dari persoalan yang ada, Beliadi meminta ke BKD untuk dapat segera melakukan rapat kerja dengan Pj Gubernur Bangka Belitung Suganda. Karena belum tentu Pj pengganti Ridwan Djamaluddin ingin melanjutkan pelaksanaan mutasi tersebut.

“Karena bisa jadi menurut Pj, mutasi belum dibutuhkan atau mau ditinjau kembali maka surat ke Mendagri terkait mutasi harus diralat atau ditarik. Kemudian BKD beserta Pj harus memanggil mereka. Terutana kemarin yang sudah memakai jas rapi, tapi batal dilantik berikan penjelasan ke mereka. Apalagi yang sudah lulus lelang jabatan ini harus jelas ke mereka,” pesannya.

Selain itu, dalam rapat bersama dengan Pj Gubernur Bangka Belitung nanti, DPRD Babel juga ingin menyampaikan terkait apa saja yang harus diselesaikan segera oleh Pemprov Babel.

“Dalam rapat nanti saya ingin menyampaikan ke Pj bahwa masalah Babel apa saja yang harus kita segera selesaikan. Masalah pembangunan ekonomi khusunya, termasuk masalah Belitung yang zero tambang laut. Tapi banyak pihak masih memaksakan masuk tambang di laut Beltim ini akan menjadi pembahasan saya nanti,” katanya.

“Di samping hal lain yang juga tidak kalah penting termasuk juga pindah rekening bank kas daerah ke BRI. Kita ada saham di Sumsel, mana tahu Sumsel juga mau memberikan kita lebih menguntungkan dari BRI. Kas bisa kita bagi mana tahu bisa dapat PAD lebih banyak,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Babel Sebut Ada 3 Kelompok Sasaran untuk Berantas Penyalahgunaan Narkoba

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Bangka Belitung, Adet Mastur, meminta Pj Gubernur Babel Suganda, terlebih dahulu melakukan pembenahan di internalnya, berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) di Pemprov Babel.

“Kepada Pj Gubernur Babel harus melakukan pembenahan, untuk menjalankan program dan pembenahan di internal pemprov sendiri. Termasuk rotasi, mutasi dikalangan eselon II maupun III, dimantapkan dahulu,” kata Adet Mastur kepada Bangkapos.com, Selasa (4/4/2023).

Politikus PDI Perjuangan ini, juga menyesalkan terkait gagalnya pelantikan yang sempat dilakukan Pj Gubernur Bangka Belitung sebelumnya. Menurutnya, pelantikan menjelang berakhir masa jabatan tidak elok untuk dilakukan.

“Kemarin adanya dibatalkan pelantikan. Tentu hal itu tidak tepat dilakukan oleh Pj Gubernur, ingin melantik orang hitungan jam, tidak elok. Makanya dengan Pj baru ini. Dilakukan lah dari sekarang pembenahan di internal. Terkait masalah mutasi pejabat,” terangnya.

Ia juga meminta, seharusnya BKD bekerja dan memberikan masukan terhadap Pj Gubernur Bangka Belitung nantinya, apabila kembali akan melakukan mutasi dan rotasi jabatan.

“BKD harus memberikan masukan ke Pj gubernur. Harus dilakukan pemetaan harus mengkaji beban kerja, masing-masing OPD dikaji. Perlu tenaga berapa, program apa, mesti disini, yang tidak layak menempati yang layak, itu lakukan rotasi,” katanya.

Selain itu, ia meminta Pj Gubernur Bangka Belitung Suganda, memiliki arah dan tujuan yang jelas dalam membangun Bangka Belitung. Jangan hanya menjalankan rutinitas saja.

“Pj gubernur harus mempunyai arah dan tujuan membangun Babel, fokus bidang apa.? Itu mesti dibuat dari sekarang. Jangan terkesan, hanya seporadis menjalankan kegiatan rutin. Tetapi perlu inovasi-inovasi, ada visi dan misi. Sekarang Pj harus ada rencana pembangunan daerah yang harus dibahas,” lanjutnya.

Lebih jauh, ia mengatakan pihaknya memiliki rencana bertemu dengan Pj Gubernur Bangka Belitung, sekda, kepala BKD untuk meminta penjelasan, terkait kelanjutan pembangunan Bangka Belitung.

“Yang jelas nanti meminta penjelasan kepada Pj Gubernur terkait arah pembangunan, sekarang fokus apa, nanti kami pertanyakan fokusnya. Dalam menjalankan program dan kegiatannya. Jadi ada dua yang harus dibenahi dari program kerja dan SDM. Karena percuma program bagus tidak dapat dilaksanakan karena SDMnya. Jadi dua itu harus dibenahi,” pesannya.

Diketahui, Pj Gubernur Bangka Belitung Suganda mengatakan akan memperhatikan lima hal di Bangka Belitung, yakni penanganan stunting, penurunan kemiskinan, tata kelola pemerintahan, tata kelola pertimahan, dan inflasi. (Siti/Red)