Warga Rohingya Terdampar Dimeulaboh, Lainnya Masih dilautan Terombang- Ambing

Aceh Barat- Word Pers Indonesia – Aceh Barat (Meulaboh) digemparkan adanya warga etnis rohingnya dipesisir pantai Kecamatan Samatiga sebanyak 6 orang. Rabu (20/3/2024).

Kabid Informasi Tagana Aceh Barat Ferry Kurniawan mengatakan sebanyak 6 pengungsi Rohingya telah di bawa ke daratan dan saat ini sudah berada Kantor Camat Samatiga kabupaten Aceh barat dilakukan pengamanan terhadap 6 warga Rohingya tersebut.

Warga Rohingya saat di amankan di aula kantor kecamatan Samatiga. foto/dokumentasi

Adanya informasi warga, bahwanya adanya masyarakat Rohingya yang terdampar di Perairan Kuala Bubon Kecamatan Samatiga pada pukul 12:00 wib kurang lebih, dan saat ini keenam warga tersebut sudah berada di Kantor Camat Samatiga.

Fery menjelaskan, untuk kronologi belum bisa dapat kita simpulkan, namun informasi terakhir masih ada puluhan dari mereka yang masih berada di laut.

“Mereka berada 12 mil dari laut dan diselamatkan nelayan, kronologi belum bisa kita rincikan, dan masih ada sisa puluhan dari mereka yang terombang ambing dilautan. yang saat ini sampai ke daratan ada empat wanita dan dua pria .” Ujarnya.

PLT camat Samatiga Mengatakan “benar adanya warga Rohingya yang Terdampar di pesisir pantai Kuala Bubon diberikan informasi oleh masyarakat setempat,
warga Rohingya ini sebanyak 6 orang yang di bantu warga setempat dibawah ke daratan. Saat ini warga Rohingya tersebut sudah di amankan diaula kantor camat Samatiga untuk saat ini.

Untuk Saat ini kami sedang melakukan kordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten Aceh barat yang di hadiri oleh asisten 1 Pemda, Waka polres Aceh barat dan Dandim Aceh barat, untuk membahas bagaimana penanganan tentang enam warga Rohingya.

Tambahnya” kemukinan pengungsi Rohingya ini akan kita akan kirimkan ke provinsi dan segala sesuatu kita sedang kordinasi dengan Unicef dan tentang Fasilitas tentang Rohingya ini.

BACA JUGA:  Wakili Aceh Barat, Lima Atlet Terbaik Asal Bumi Teuku Umar Melangkah Ke Semifinal

Saat ini kita juga sedang Melakukan koordinasi dengan pihak Basarnas dan hasil kordinasi tersebut mereka akan mengirimkan kapal dari Banda Aceh namun menunggu ijin keputusan dari pusat, namun saat ini warga Rohingya masih terombang-ambing di lautan hampir mencapai 150 lebih kurang.

Pengungsi Rohingya yang masih terombang-ambing di lautan Aceh

Namun saat ini fasilitas dan makanan bagi warga Rohingya yang enam orang ini akan ditanggung oleh pihak kecamatan langsung namun dengan catatan tidak terlalu lama di Aceh barat tutur camat Samatiga.

Adapun Identitas dari warga Rohingya tersebut :

– Nama : Selin, 34 tahun, laki-laki, Myanmar

– Nama : Zahed, 18 tahun, laki-laki, Myanmar

– Nama : Afsara BI, 18 tahun, perempuan, Myanmar

– Nama : Rufeyas, 18 tahun, perempuan, Myanmar

– Nama : Ropeka aktar, 15 tahun, perempuan, Myanmar

– Nama : Ruzoma, 15 tahun, perempuan, Myanmar

Reporter: Ahmad Hidayat