Air Panasbumi Ciremai, Hangatkan Kesejukan

WordPers.id – Ingin berendam air panasbumi di tengah kesejukan hutan alami? Datanglah ke Lembah Cilengkrang di kawasan Gunung Ciremai, Jawa Barat.Lembah ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang menawarkan keindahan gunung tropis dengan keanekaragaman hayati. Secara administratif, lembah Cilengkrang masuk ke Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan.

Salah satu unggulan Lembah Cilengkrang adalah keberadaan empat air terjun atau curug yang tinggi menjulang dan di bawahnya ada pemandian air panas alami bersumber dari panasbumi Ciremai.

Kempat air terjun tersebut, pertama curug Sabuk. Tingginya sekitar 30 m. Kedua, curug Sawer, tingginya antara 60 hingga 75 meter. Ketiga curug Kembar dengan ketinggian 40 m. Dan keempat, curug Citapa dengan ketinggian 30-40m.

Di curug-curug ini Anda bisa mencoba sensasi curahan air terjun yang jatuh dari ketinggian menimpa badan. Namun awas, jika cuaca hujan Anda harus waspada dengan bencana longsor. Bahkan, jika sedang hujan, petugas biasanya melarang wisatawan datang ke curug, terutama ke Curug Sawer.

Nah di kaki-kaki curug, merembes pula air panas alami. Air panas itu ditampung di dua kolam agar pengunjung bisa mandi atau berendam.

Dengan suhu sekitar 45 derajat Celcius, air panas tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri di tengah hawa sejuk hutan Ciremai. Setelah berbasah ria di curug, cobalah berendam di kolam air panas, maka Anda akan merasakan sensasi yang tak akan terlupakan.

Sebagai bagian dari TNGC, kondisi lembah Cilengkrang tak ubahnya hutan. Di sana sini berdiri pepohonan sangat besar berumur ratusan tahun. Kicau burung berpadu dengan suara air terjun. Udara di lembah Cilengkrang pun masih alami. Oksigen yang bersih dari polutan kimia, berpadu dengan wangi humus hutan yang menyegarkan.

BACA JUGA:  MOI Siap Workshop Tryout UKW

Lembah Cilengkrang jaraknya sekitar tujuh kilometer dari Jalan Raya Kuningan-Cirebon. Datanglah dulu ke Desa Pejambon. Dari jalan raya ke desa ini jaraknya sekitar 5 km. Jika sudah tiba, Anda bisa berjalan kaki untuk sampai di loket masuk.

Uniknya lagi, di loket masuk Anda bisa melihat berbagai tanaman khas Kuningan dan Gunung Ciremai yang sengaja dibuat oleh pengelola wisata. Kebun ini kerap dijadikan lokasi penelitian para ilmuwan.

Satu hal, berwisata ke lembah Cilengkrang, sangat baik untuk membakar lemak. Pasalnya jalannya yang menanjak dan terjal, dipastikan pembakaran energi di tubuh cukup banyak. Selamat mencoba. (K2/Rilis)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan