Keutamaan Sedekah Saat Bulan Suci Ramadan

Bengkulu, WOrd Pers Indonesia – Sedekah di bulan Ramadan ialah perbuatan baik yang disukai oleh Allah SWT. Mereka yang menyisihkan hartanya untuk orang membutuhkan akan mendapatkan banyak hal baik. Dan tentunya setiap umat muslim menginginkan rida dan berkah dari setiap hal yang dilakukannya saat bulan ramadan.

Sedekah di bulan Ramadan merupakan anjuran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, sehingga bukan berpuasa saja. Dalam bulan suci yang penuh ampunan ini umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik seperti sedekah.

Sama halnya di Kota Bengkulu, kota dengan tagline ‘Kota Religius dan Bahagia’ ini, Pemkot Bengkulu melakukan berbagai kebaikan dengan harapan kota ini dinaungi keberkahan dari Allah SWT.

Salah satunya, Pemkot terus hadir di tengah masyarakat untuk menghadirkan kebahagiaan. Adapun program yang digalakkan selama ramadan yaitu berbagi takjil dibeberapa wilayah di Kota Bengkulu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Selain itu, Pemkot melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga membagikan beberapa bantuan kepada mustahik di 9 Kecamatan. Kemudian, Pemkot juga menyantuni para anak yatim dan masih banyak lainnya.

Berikut keutamaan sedekah yang bisa kita peroleh saat bulan Ramadan :

1. Harta menjadi berkah dengan bersedekah, harta bisa menjadi berkah. Hal ini tercantum dalam QS. Saba : 39 yang artinya Allah akan mengganti rezeki atas harta yang telah dinafkahkan.

2. Menghapus dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam HR. At-Tirmidzi bahwa sedekah itu bisa menghapus dosa seperti air memadamkan api. Untuk manusia yang ikhlas berbagi kepada sesama maka ia akan mendapat yang terbaik dan diampuni dosanya.

3. Mencegah perbuatan maksiat. Q.S Al Ahzab Ayat 7, Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar.

BACA JUGA:  Ramadhan, Wasilah Merawat Tradisi Khas Nusantara

4. Mendapatkan pahala berlipat ganda. Terkait pahala ini, sudah tercantum dalam QS. Al-Hadid ayat 18 bahwa orang yang bersedekah baik laki-laki, perempuan akan Allah lipatgandakan begitu juga dengan pahalanya.

5. Membuka pintu kebaikan. Rasulullah SAW juga bersabda bahwa Allah maha memberi, mencintai kedermawanan dan akhlak mulia umatnya. (**)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan