Mahasiswa PKL Unimal Buat Inovasi Baru Strong Wines “Kopi Arabika Jadi Anggur Merah”

Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh  mempraktekkan inovasi kopi terbaru dari olahan fermentasi buah kopi arabika menjadi produk semacam red wine (anggur merah)
Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh mempraktekkan inovasi kopi terbaru dari olahan fermentasi buah kopi arabika menjadi produk semacam red wine (anggur merah)

Word Pers Indonesia – Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (Unimal) mempraktekkan inovasi kopi terbaru dari olahan fermentasi buah kopi arabika menjadi produk semacam red wine (anggur merah), namun halal dan tidak mengandung alkohol. Produk Inovasi berlabel Strong Wines ini sangat digemari oleh masyarakat terutama pecinta kopi.

Minuman siap konsumsi ini di inovasikan oleh Moch Charis selaku manager KBQ Baburrayyan sekaligus pembimbing mahasiswa PKL Agroekoteknologi Unimal. Produk Strong Wines ini di produksi oleh salah satu UMKM binaan KBQ Baburrayyan Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (20/08/2022).

Mahasiswa PKL tersebut Munda Rizki, Rido Elvin, Nur Akmal dan Novi Febienti. Keempat mahasiswa itu dengan konsentrasi Agronomi yang dibimbing oleh Dr Selvy Handayani dan Usnawiyah MP ini diperkirakan akan selesai pada tanggal 20 Agustus 2022 dan diharapkan kedepannya mahasiswa tersebut dapat memotivasi banyak kalangan khususnya mahasiswa dalam mengembangkan inovasi terbaru lainnya.

“Inovasi produk Strong Wines dari buah kopi ini menjadi satu – satunya inovasi terbaru yang ada di dunia perkopian yang diproduksi dengan cara difermentasi selama 30 hari. Produk Strong Wines siap minum ini mengandung berbagai macam khasiat di antaranya dapat menghangatkan badan dan melegakan pernafasan. Minuman ini cocok dikonsumsi oleh remaja hingga orang dewasa,” kata Moch Charis.

Ia menyebutkan, sebagai inovator sekaligus manager KBQ Baburrayyan, Moch Charis menyampaikan bahwa produk ini akan menjadi produk unggulan jika terus dikembangkan.

“Wine kopi ini sangat cocok untuk penikmat kopi apalagi saat menggelar pertemuan atau acara-acara formal, selain halal wine yang kita produksi ini juga tidak memabukkan seperti wine pada umumnya,” ujar Moch Charis.

Tambahnya, inovasi ini diharapkan dapat menjalin hubungan atau kerja sama antara mahasiswa dengan salah satu UMKM yang ada di KBQ Baburrayyan sekaligus dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menciptakan inovasi baru. (Wak Rimba)

Next Post

PBAK Stain Teuku Dirundeng Resmi Ditutup, Ini Harapan Ketua Dema

Ming Agu 21 , 2022
Meulaboh, Word pers Indonesia – Salah Satu Kampus ternama Di Aceh Barat Stain Teuku Dirundeng melaksanakan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) Pada tahun 2022. Minggu, 21/8/2022. Kegiatan ini diikuti oleh 126 peserta yang merupakan Mahasiswa/I baru dari berbagai daerah,Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 18-20 Agustus […]
PBAK STAIN Teuku Dirundeng
September 2022
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930