Moment HGN dan HUT PGRI Ke-77, Bupati Mukomuko Bagikan Seragam Sekolah Gratis

0
Tampak Bupati Mukomuko, Sapuan Saat Bagikan Seragam Sekolah Gratis Secara Simbolis Ke Siswa Foto.Dok

Mukomuko, Word Pers Indonesia Pemerintah Kabupaten Mukomuko, tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 miliar yang bersumber dari APBD untuk membeli sebanyak 5.870 paket seragam bagi 5.870 pelajar SD dan SMP yang tersebar di daerah ini.

Bupati Mukomuko, Sapuan beberapa waktu lalu meminta instansi terkait untuk mempersiapkan baju seragam sekolah guna dibagikan secara gratis kepada sebanyak 5.870 siswa SD dan SMP di daerah ini.

“Seragam sekolah sudah siap dibagikan ke penerima. Saya sudah meminta dinas teknis untuk segera mempersiapkan agar pembagiannya bisa dilaksanakan dalam bulan November tahun ini,” kata Bupati waktu itu.

Hari ini, tepat pada Kegiatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 77 tahun 2022 di lapangan Pemda Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu yang diikuti oleh delegasi guru se-Provinsi Bengkulu ini turut dimanfaatkan Pemkab Mukomuko untuk melaunching program seragam sekolah gratis bagi seluruh siswa wajib belajar 9 tahun sesuai dengan janji pemerintah kepada masyarakat Kabupaten Mukomuko.

Bupati sapuan membagikan langsung secara simbolis seragam gratis bagi siswa sekolah negeri di Kabupaten Mukomuko, Rabu (30/11). Penyerahan tersebut menjadi penanda bahwa program seragam sekolah gratis ini resmi dibagikan ke seluruh siswa sekolah dasar dan menengah.

“Hari ini kita mulai secara seremonial penyerahan seragam gratis. Insya Allah karena jumlahnya sangat besar, ada sekitar 12 ribu lebih. Semoga setelah acara ini para dewan guru bisa mendistribusikan secepat mungkin agar betul-betul bisa dipakai anak-anak kita,” sampai Sapuan .

Di sambung Sapuan, seragam gratis ini merupakan bentuk motivasi bagi siswa untuk lebih bersemangat menempuh pendidikan ke sekolah negeri. Juga bagi orang tua dalam menentukan pendidikan anaknya ke sekolah negeri atau swasta.

“Ini juga bagian dari motivasi agar mereka dengan menyuarakan ‘ayo sekolah negeri’. Karena sama-sama kita ketahui hari ini, jumlah siswa negeri kita turun. Saya harus sampaikan jujur kondisi ini,” jelasnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh siswa khususnya di Kabupaten Mukomuko untuk terus semangat dalam mengejar pendidikan hingga setinggi tingginya.

“Kepada anak-anak kami, teruslah semangat belajar. Meskipun sudah disiapkan fasilitas (berupa seragam sekolah gratis), semangat dan berdisiplin dalam belajar harus terus ditingkatkan dan kejarlah prestasi,” pesannya.

Terpisah, Ketua PGRI Provinsi Bengkulu Haryadi mengapresiasi program seragam sekolah gratis tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap dunia pendidikan.

“Sebuah penghargaan dan ucapan terima kasih dari kami seluruh delegasi kepada Bupati sapuan Luar biasa, semoga ini menjadi contoh bagi kabupaten/kota yang lain,” kata Haryadi.

Peringatan HGN dan HUT PGRI ke 77 tahun 2022 ini menempatkan Kabupaten Mukomuko sebagai tuan rumah. Kegiatan yang melibatkan para guru se-Provinsi Bengkulu itu dipusatkan di lapangan Eks MTQ Pemda Kabupaten Mukomuko.