Pemdes Marga Mukti Sukses Salurkan BLT DD Tahap I Ke 20 KPM

Mukomuko, Word Pers Indonesia Pemerintah Desa marga mukti, Kecamatan Penarik, kabupaten mukomuko, provinsi Bengkulu menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap satu tahun 2023 bertempat di aula kantor desa marga mukti, BLT-DD tersebut disalurkan kepada 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Senin 22 Mei 2023.

Sebelumnya, penyaluran BLT-DD tahap satu sempat tertunda, karena KPM yang ditetapkan oleh Pemdes marga mukti dibawah 10 persen. Sementara syarat penyaluran BLT-DD tahap satu, minimal 10 persen dari pagu DD, dan maksimal nya sebanyak 25 persen.

Dalam acara Penyaluran BLT DD desa marga mukti langsung dihadiri oleh, perwakilan Camat Penarik, kepala desa marga mukti Marwanto berserta perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bhabinkamtibmas, Babinsa, PD, ketua RT, serta tokoh masyarakat dan anggota KPM.

Kades marga mukti marwanto, dalam sambutannya menyampaikan, permohonan maaf kepada warga KPM atas keterlambatan penyaluran BLT-DD tahap satu ini. Keterlambatan bukan unsur dari kesengajaan, karena memang ada perubahan regulasi.

Dimana marga mukti termasuk salah satu dari 59 desa yang menetapkan dana BLT di bawah 10 persen. Sehingga harus melakukan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) ulang untuk mencukupi jumlah KPM. Sebelumnya jumlah KPM penerima BLT DD tidak mencukupi minimal 10 persen, namun telah musdesus ulang bersama BPD dan toko masyarakat kini telah memenuhi nya, imbuhnya marwanto.

Marwanto dalam sambutannya juga menyampaikan, permohonan maaf kepada warga KPM atas keterlambatan penyaluran BLT-DD tahap satu ini. Keterlambatan bukan unsur kesengajaan, melainkan memang ada perubahan regulasi, ungkapnya.

Dengan keterlambatan penyaluran BLT DD tahap satu ini, kami dari pemerintahan mohon maaf atas keterlambatan atas penyaluran BLT DD ini, karena anggaran BLT-DD tahap satu baru masuk ke rekening desa. Keterlambatan ini juga disebabkan karena awalnya jumlah KPM kurang dari 10 persen,” tutur Kades.

BACA JUGA:  Soal Pemberhentian Perangkat Desa Penarik, Kadis PMD Mukomuko: Itu Tidak Benar Adanya

Lanjutnya, meskipun penyaluran BLT ini sedikit terlambat, namun kami tidak mengurangi hak dari masing-masing KPM. Dimana masing-masing mendapatkan uang sebesar Rp 900.000, terhitung triwulan pertama dari Januari, februari dan Maret. Ia juga menyampaikan kategori penerima BLT-DD tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena tahun ini penerima BLT-DD harus dengan kategori, miskin ekstrim, sakit menahun, disabilitas serta lansia dan KK tunggal, jelasnya.

Jikalau ada masyarakat yang tidak sempat hadir pada acara penyaluran BLT pada hari ini bertanya mengenai penyaluran BLT-DD ini, maka para penerima tolong juga di sampaikan bahwa kategori penerima BLT-DD tahun ini berbeda mekanisme nya dengan tahun lalu seperti yang sudah kita jelaskan,” ungkap Kades.

Camat Penarik, khairul saleh mengatakan ketika di konfirmasi melalui telfon, mohon maaf kepada warga desa marga mukti saya belum sempat hadir dalam acara pembagian BLT tersebut, di karena kan ada benturan jadwal dengan kegiatan di kantor camat, ungkapnya.

Khairul saleh mengatakan, mengapresiasi dengan atas kinerja Pemdes marga mukti, sehingga penyaluran BLT-DD tahap satu ini bisa terlaksana. Beliau berpesan agar Pemdes tetap kompak, agar semua program kegiatan yang sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2023 seluruhnya bisa terealisasi, Kemudian kepada KPM penerima BLT, diimbau agar menggunakan bantuan tersebut dengan baik. Belanjakan uang yang sudah diterima ke warung-warung yang ada di desa, agar warga yang tidak menerima juga bisa merasakan manfaatnya, ungkap camat.

Lanjut camat, kita tetap mengapresiasi kinerja pemerintah desa marga mukti sehingga BLT-DD bisa tetap tersalurkan. Maka kepada masyarakat yang menerima bantuan ini, manfaatkan lah dengan sebaik-baiknya,”tutup Camat. (Bambang)

 

Posting Terkait

Jangan Lewatkan