KPU Kota Bengkulu Serahterima Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 ke Provinsi

Kota Bengkulu, Word Pers Indonesia Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu telah menyelesaikan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara secara manual untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah tersebut, dan hasilnya telah diserahkan ke KPU Provinsi.

Menurut Ketua KPU Kota Bengkulu, Rayendra Firasad, “Untuk pelaksanaan Pemilu, rekapitulasi di Kota Bengkulu telah selesai dan hasilnya kami serahkan ke KPU Provinsi.”

Hasil rekapitulasi yang diserahkan mencakup pemilihan presiden dan wakil presiden RI, anggota DPR, DPD, serta DPRD kota dan provinsi.

Dari hasil rekapitulasi sembilan kecamatan di Kota Bengkulu, pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih 139.857 suara, sementara pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapat 66.740 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih 18.279 suara. Total surat suara yang terhitung mencapai 228.265 lembar, dengan 224.876 surat sah dan 3.389 surat tidak sah.

Sebelum penutupan rapat pleno, anggota KPU Kota Bengkulu serta para saksi dari pemilihan presiden, DPD RI, dan partai politik, yang disaksikan oleh Bawaslu Kota Bengkulu, menandatangani berita acara hasil rekapitulasi.

Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di Kota Bengkulu berlangsung dari 1 hingga 3 Maret. Rayendra menjelaskan bahwa mekanisme rekapitulasi dilakukan sesuai dengan peraturan KPU dengan melibatkan peserta dari saksi pemilu, partai politik, Bawaslu, PPK, dan Panwascam.

BACA JUGA:  Kemacetan Terjadi Akibat Banjir, Pemkot dan Polri Siapkan Rekayasa Lalin