Pengajian Akbar dan Festival Hadroh Ponpes AFNA: Apresiasi Dewan Suntoko dan Gus Huda

Mukomuko, WOrd pers Indonesia Festival Hadroh memeriahkan rangkaian kegiatan Haflah Akhirussanah purna siswa dan Pengajian Akbar Pondok Pesantren Al Fattah Nailul Anwar di Desa Sari Makmur, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko pada 24 Mei 2024. Acara ini menarik perhatian puluhan grup Hadroh yang turut berpartisipasi.

Festival ini dibuka secara resmi oleh Bapak H. Suntoko, S.Pd, bapak angkat Pondok Pesantren Al Fattah Nailul Anwar sekaligus anggota DPRD Kabupaten Mukomuko.

Dalam sambutannya, H. Suntoko menekankan pentingnya pesantren dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi informasi.

Tampak Anggota Dewan Mukomuko, H sUNTOKO SAAT Memberikan Sambutan di Ponpes Afna

“Kehadiran pondok pesantren dengan mengedepankan ilmu agama serta pengetahuan umum menjadi salah satu solusi handal dalam menangkal merebaknya budaya yang tidak baik,” ujarnya.

Pengasuh Pesantren AFNA, Gus Huda, juga mengapresiasi antusiasme peserta festival. “Ini benar-benar spektakuler karena kita dari pondok pesantren menghadirkan juri khusus dari Kabupaten Seluma dan Lampung sehingga benar-benar fair hasil penilaiannya,” katanya.

Pemenang Festival Hadroh Kategori Anak-anak:

1. MDTA Al-Mukhsinin – Mekar Mulya
2. MDA Nurul Anwar – Bandar Jaya
3. Al-Hidayah – Talang Medan
Harapan: MDA Al-Fatah – Bandar Jaya

Pemenang Festival Hadroh Kategori Dewasa:

Shoutul Fata – Silaut 1, Kecamatan Silaut, Pesisir Selatan, Sumatera Barat
2. Asmoro Nabi – Wonosobo
3. Faroidul Bahiyyah – Lubuk Mukti
Harapan: New Sabilu Taubah – Maju Makmur

Festival Hadroh ini menjadi bukti bahwa pondok pesantren tidak hanya sebagai pusat pendidikan agama, tetapi juga pelestarian budaya dan seni Islami di tengah perkembangan zaman. (Red)

BACA JUGA:  Wujudkan Lingkungan Bersih, Bulan April Ini Desa Resno Akan Bangun WC Dari Program Sandes