Disdikbud Mukomuko Gelar Sosialisasi Juknis BOS dan Bimtek RKAS

wordpers.id, MUKOMUKO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko menggelar kegiatan sosialisasi petunjuk teknis (Juknis) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bimbingan teknis (Bimtek) Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang ada di Kabupaten Mukomuko. 

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di 7 wilayah pendidikan yakni di SMP Negeri  10 Mukomuko, SD Negeri 3 Ipuh. SD Negeri 9 Penarik, SMP Negeri 3 Mukomuko, SD Negeri 6 Selagan Raya, SMP Negeri 5 Mukomuko dan SMP Negeri 11 Mukomuko. 

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko, H.Ruslan melalui Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SD dan SMP, Slamet Handoyo bahwa pihaknya telah melaksanakan sosialisasi petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bimbingan teknis (Bimtek) Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) selama 1 minggu di 7 wilayah pendidikan.

“Kita (Disdikbud,red) telah melaksanakan sosialisasi terkait Juknis penggunaan BOS dan Bimtek RKAS. Adapun poin atau komponen yang dibahas dalam kegiatan tersebut yakni salah satunya komponen penggunaan dana (Pasal 9 Ayat 2). Kita berharap dengan adanya kegiatan ini sekolah dalam menyusun RKAS sesuai dengan petunjuk teknis dan tidak terkendala dalam pengisian Aplikasi RKAS,”harapnya.

Menurutnya,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) telah berkonsultasi dengan pihak Inspektorat Kabupaten Mukomuko mengenai petunjuk teknis BOS yang masih bersifat umum. Kemudian langkah Disdikbud membuat Edaran tentang penggunaan dana BOS yang edaran tersebut akan dituangkan ke dalam Peraturan Bupati (Perbup).

“Kita sudah berkonsultasi ke Inspektorat terkait juknis BOS ini dan kita buat surat edaran terkait penggunaan dana BOS dan akan dituangkan di Perbup,”ucapnya.

Ditambahkan Slamet,  Narasumber kegiatan sosialisasi petunjuk teknis (Juknis) BOS tersebut yakni dari  pihak Inspektorat sedangkan Narasumber dari Aplikasi RKAS dari tim BOS Kabupaten Mukomuko.(MMC)

BACA JUGA:  Pengembangan PLTP COD Tahun 2014-2019 dengan Total 605 MW, Berikut Rinciannya