Ikuti Bimtek Perpusnas, Perpustakaan STAI Darul Hikmah Berhasil Dapatkan NPP

0
Ikuti Bimtek Perpusnas, Perpustakaan STAI Darul Hikmah Berhasil Dapatkan NPP
Ikuti Bimtek Perpusnas, Perpustakaan STAI Darul Hikmah Berhasil Dapatkan NPP

Word Pers Indonesia Perpustakaan STAI Darul Hikmah Aceh Barat berhasil mendapatkan nomor pokok perpustakaan (NPP) setelah mengikuti kegiatan bimbingan teknis yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Aceh. Kegitan ini diadakan selama 3 hari sejak hari Selasa tanggal 27 s/d 29 September 2022 di Hotel The Pade, Aceh Besar.

Kepala Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Hikmah Aceh Barat, Tgk Fariyoni, S.Pd.I mengatakan Bimtek yang diadakan oleh Perpusnas ini sangat bermanfaat bagi perguruan tinggi, terutama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang masih kurang tersentuh dengan program-program pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Baik ditingkat Provinsi, maupun Kabupaten.

“Secara pribadi saya sangat bersyukur perpustakaan kampus STAI Darul Hikmah telah mendapatkan NPP dengan nomor: 1105092B2000003. Saya juga mengajak kawan-kawan yang mengelola perpustakaan di PTKIS untuk mendaftarkan perpustakaannya melalui data.perpusnas.go.id agar mendapatkan nomor pokok perpustakaan (NPP) dan terdata secara resmi, sehingga dapat mengakses program-program dari Perpusnas. InsyaAllah saya juga siap membantu registrasi,” jelasnya.

Selain itu, dia mengatakan agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Provinsi dan Kabupaten lebih peduli terhadap perpustakaan-perpustakaan yang ada di PTKIS dan pondok pesantren dengan memberikan pembinaan, hibah buku dan fasilitas-fasilitas dasar yang diperlukan oleh perpustakaan.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, menyatakan NPP adalah kode unik yang menjadi identitas suatu perpustakaan sehingga harus dimiliki setiap perpustakaan di Indonesia.

“NPP adalah kode unik yang menjadi identitas suatu perpustakaan di bawah koordinasi Perpusnas berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kode jenis perpustakaan, status perpustakaan, dan nomor urut perpustakaan. Ini juga sebagai upaya Perpusnas dalam memperbaiki tata kelola data untuk terciptanya satu data perpustakaan,” ujarnya saat pembukaan Bimtek.

Selain itu, dia menambahkan, data perpustakaan yang valid dan terbaru ini, akan dijadikan sebagai salah satu data dukung di dalam pembuatan berbagai kebijakan di bidang perpustakaan. Data akan digunakan sebagai masukan dalam pembinaan dan pengembangan perpustakaan di Indonesia. ( Wak Rimba)