Monika Sutarsa Dosen Zilenial, “Menghadirkan Pembelajaran Inovatif di Era Digital”

Jakarta,Wordpers.id-Di tengah kemajuan teknologi dan digitalisasi yang pesat, dunia pendidikan dituntut untuk beradaptasi dan menghadirkan metode pembelajaran yang inovatif. 16/05/2024

Sebagai dosen zilenial di Program Studi Manajemen Keuangan Perbankan di Politeknik LP3I Tasikmalaya, Monika telah berhasil mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan relevan dengan kebutuhan zaman.

Monika Sutarsa mengimplementasikan pendekatan Outcome Based Education (OBE), sebuah metode kurikulum yang berfokus pada hasil. OBE menekankan pentingnya mempersiapkan lulusan dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi dunia kerja, bukan sekadar menyampaikan materi di dalam kelas. Dengan pendekatan ini, mahasiswa dibekali dengan kemampuan analisis, pemecahan masalah, keterampilan teknis, dan soft skills yang sangat dibutuhkan di industri saat ini.

Penerapan OBE tidak hanya meningkatkan kualitas lulusan tetapi juga mencerminkan dukungan terhadap kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program MBKM memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang praktis dan aplikatif, yang pada gilirannya menghasilkan lulusan yang siap bersaing di pasar global.Dalam upayanya untuk terus berinovasi, Monika juga aktif melakukan penelitian yang berfungsi sebagai penunjang dalam pembelajaran.

Penelitian-penelitian ini tidak hanya memperkaya materi kuliah tetapi juga memberikan wawasan praktis yang dapat langsung diterapkan oleh mahasiswa. Monika percaya bahwa penelitian merupakan elemen kunci dalam pembelajaran yang efektif dan menjadi landasan bagi pengembangan kurikulum yang relevan dan responsif terhadap perubahan.

Fasilitas di Politeknik LP3I Tasikmalaya mendukung dalam setiap pembelajaran, serta lulusan siap untuk bersaing dan menunjukkan kemampuan.

Institusi ini berkomitmen untuk terus berinovasi dalam pembelajaran digital dan memastikan bahwa setiap lulusannya memiliki kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.

Melalui pendekatan yang holistik dan adaptif, Politeknik LP3I Tasikmalaya berusaha menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga siap menghadapi tantangan global.

Dengan memanfaatkan teknologi digital dan metode pembelajaran yang inovatif, Monika Sutarsa dan Politeknik LP3I Tasikmalaya membuktikan bahwa pendidikan tinggi di Indonesia mampu bertransformasi dan beradaptasi dengan tuntutan zaman, memastikan bahwa setiap lulusannya siap untuk berkontribusi secara signifikan di dunia kerja. (Gus1)