Ajukan Pinjaman Dana Usaha, Program Babe Probiling Penuhi Kebutuhan Nasabah

Wordpers.id – Bank Bengkulu tidak hanya mengeluarkan program unggulan berupa Kredit Perumahan Rakyat (KPR) namun juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mendirikan usaha dengan Babe Probiling.

Disampaikan Sekretari Bank Bengkulu Roby Wijaya, Babe Probiling sangat membantu masyarakat yang ingin segera mendirikan usaha.

“Syaratnya hanya punya produk. Nasabah bisa mengajukan pinjaman dengan dokumen usulan kepada kantor cabang Bank Bengkulu dengan melampirkan produknya baru tim kami akan mengecek ke lokasi dengan validasi data seperti jenis produknya, lokasi usaha dan besaran modal yang diajukan,” jelas Roby, Rabu (17/03/2020), di Kota Bengkulu.

Ia menerangkan, besaran modal yang diajukan Bank Pembangunan Daerah kepada nasabah senilai Rp 5 juta, Rp 10 juta, Rp 15 juta hingga Rp 25 juta maksimum.

“Tergantung kepada jenis produk dan kalkulasi penghasilannya. Jika nasabah yakin dalam sekali produksi bisa mendapat nilai maksimal maka kami juga akan memberikan modal yang diinginkan. Misal dalam setahun nasabah mengajukan pinjaman senilai Rp 10 juta, dia bisa mengembalikan pinjaman tersebut, lalu nasabah ingin minta tambahan modal lagi maka akan kami tambah,” kata Roby.

Adapun program Bobe Probiling ini sampainya juga memberikan pinjaman modal kepada masyarakat yang belum pernah bersangkutan dengan bank. Adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk tanggung jawab perbankan kepada konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Masyarakat yang belum pernah bersangkutan dengan bank juga bisa mendapat program Babe Probiling melalui CSR, jadi prosesnya lebih mudah,” kata Roby.

“Kita menerapkan pembangunan berkelanjutan, yakni melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Jadi siapapun nasabahanya akan kita layani demi meningkatkan taraf ekonominya,” papar Sekretaris Bank Bengkulu.

BACA JUGA:  Penyaluran Pembiayaan KUR dan UMi di Bengkulu Naik Keras

Selain itu, Babe Probiling juga mempertimbangkan represensatif pendapatan dengan memberikan suku bunga yang kecil yakni 3,5 persen.

“Dengan syarat data pribadi seperti KTP, KK, NPWP, dengan bunga yang kecil konsumen sudah bisa mengajukan pinjaman. Bunganya juga bukan termasuk pendapatan, hanya untuk proses administrasi seperti mengurus kertas dan validasi data,” pungkas Roby.