Layanan Belanja Grosir Online Genjot Transaksi Digital saat Ramadan

Word Pers Indonesia – Dilansir oleh Trade Desk, transaksi e-commerce di Indonesia kian meningkat di bulan Ramadan. Sekitar 32 persen masyarakat Indonesia akan berbelanja lebih banyak. Hal ini memengaruhi pemilihan dan preferensi terhadap kenyamanan dan kecepatan platform digital dalam memenuhi kebutuhan pokok semakin meningkat.

Platform e-grocery shopping, Astro, berusaha meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan kenyamanan dan kualitas layanan yang dapat diandalkan untuk menemani pelanggan selama Ramadan.

Astro mempersiapkan berbagai program yang secara khusus disesuaikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan. Co-founder & CEO Astro Vincent Tjendra menyampaikan Astro berusaha menjadi teman bagi pelanggan yang siap siaga dan bisa diandalkan sepanjang bulan.

“Kami memadukan kekayaan tradisi di bulan suci ini dengan inovasi e-commerce serta beragam produk, layanan, dan promosi yang disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan Ramadan, sambil memastikan pengiriman yang cepat ke depan pintu pelanggan,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 28 Maret 2024.

Bulan Ramadan merupakan waktu yang penuh makna bagi masyarakat Indonesia, diisi penuh dengan ibadah, refleksi diri, pertemuan keluarga, hidangan bersama, serta memberi hadiah kepada orang-orang terkasih. Tidak hanya itu, selama Bulan Ramadan banyak kebiasaan sehari-hari yang berubah pola, seperti dalam hal belanja online.

“Di Astro, kami percaya layanan melebihi segalanya; kami berusaha untuk selalu memenuhi kebutuhan pelanggan kami selama bulan Ramadan ini. Kami berharap hal ini dapat membawa kedekatan dengan pelanggan kami bahkan setelah Ramadan berakhir,” tambah Vincent.

Sementara itu, COO Astro Jessica Jap berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dari para pelanggan dengan menyelaraskan layanan inovatif dengan penawaran produk yang selektif.

“Kami memberikan pengalaman Ramadan yang tidak hanya memenuhi tetapi juga melampaui harapan pelanggan, memungkinkan mereka untuk fokus pada esensi spiritual bulan ini sementara kami mengurus kebutuhan belanja mereka yang penting.” jelas dia.

Dia menegaskan Astro Kitchen siap sedia hadir menemani 24 jam selama satu bulan penuh. Tidak hanya itu, di Ramadan kali ini Astro ingin membawa pengalaman baru dengan menghadirkan berbagai program khusus. Salah satu yang dinantikan adalah program tebus murah yang ditawarkan setelah pelanggan bertransaksi dengan minimal Rp150 ribu.

Untuk memberikan lebih banyak kenyamanan dan kegembiraan dalam menjalankan ibadah Ramadan, Astro juga menghadirkan dispenser minuman segar dari Astro Goods di beberapa lokasi strategis di Jakarta, termasuk Mall dan Perkantoran, untuk melepas dahaga saat buka puasa.

“Melalui inisiatif ini, Astro berharap dapat membentuk rasa kebersamaan dan perayaan, mengajak orang-orang untuk berbagi dalam semangat Ramadan,” jelas dia.

Belanja THR pelaku digital meningkat

Berbeda dengan tahun lalu yang masih dalam suasana pascapandemi, kini masyarakat digital savvy terlihat lebih percaya diri untuk melakukan berbagai kegiatan termasuk dalam mengalokasikan Tunjangan Hari Raya (THR).

Digital Banking Partnership Head Bank BTPN Febri Rusli menjelaskan terdapat pergeseran alokasi THR pada 2024 dibanding dengan 2023. Pada Ramadan tahun ini, dia melihat adanya pergeseran alokasi THR dari masyarakat digital savvy dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu, mayoritas digital savvy (41 persen) fokus menabung THR. Sementara 40 persen menggunakan THR untuk belanja kebutuhan Ramadan, dan 19 persen lainnya memilih menginvestasikan THR mereka.

“Kini, alokasi THR untuk belanja keperluan Ramadan menjadi 52 persen, sedangkan porsi menabung dan berinvestasi masing-masing mencapai 29 persen dan 19 persen,” tambah Febri.(Md)