Resmikan Patung Fatwamati, Presiden Jokowi Nitip Pesan Pada Warga Bengkulu

Wordpers.id, Bengkulu – Antusias masyarakat Bengkulu menyambut kedatangan Presiden RI Ir.H.Joko Widodo beserta Rombongan yang dilaksanakan pada titik koordinat simpang lima ratu samban Kota Bengkulu, Rabu 05/02/2020.

Sebelumnya ,Kedatangan Presiden Republik Indonesia H Joko Widodo bersama Ketua DPR RI Puan Maharani disambut langsung oleh Gubernur Bengkulu Dr Rohidin Mersyah di Bandara Fatmawati Soekarno.

Pada saat penyambutan Presiden RI, Gubernur Bengkulu didampingi Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman, serta Danrem 041 Gamas Kolonel Inf Dwi Wahyudi.

Pada saat penyambutan di Bandara, Presiden RI dan Rombongan disambut langsung Tarian Persembahan yang merupakan Adat Penyambutan Tamu Bengkulu kepada tamu kehormatan.

Masyarakat dan Pelajar Bengkulu memadati rute jalan yang dilintasi Presiden beserta Rombongan. Saat Presiden RI dan rombongan melintas tampak histeris teriakan masyarakat dan pelajar memanggil nama Presiden Jokowi, dengan ramahnya Presiden Jokowi menurunkan kaca mobil sekaligus tersenyum menyapa dan melambaikan tangan kepada masyarakat.

Setelah sampai pada titik koordinat perkumpulan tamu undangan beserta rombongan ke presiden, tabuhan musik tradisional doll bergemuruh saat presiden Jokowi melangkah mealmasuki areal yang sudah ditentukan.

Sambutan pertama di awali oleh ibu Sukmawati Soekarno Putri, langsung saja beliau menceritakan sedikit mengenai kisah dan perjuangan ibu Fatmawati Soekarno Putri sebagai penjahit bendera merah putih sekaligus dijuluki sebagai Bunda Republik Indonesia.

Presiden RI Jokowidodo dalam sambutannya juga mengungkapkan kejujurannya bahwa ia merindukan Bengkulu, karena memang sudah lama tidak berkunjung melakukan kunker ke Bengkulu.

“Sudah lama saya tidak ke Bengkulu, Kangen,” kata Jokowi tersebut langsung disambut meriah masyarakat yang hadir.

Singkat pesan Jokowi kepada masyarakat Bengkulu, dengan diresmikannya monumen Pahlawan Nasional Fatmawati Soekarno agar dirawat sehingga menjadi suatu penghargaan bagi Pahlawan Nasional Fatmawati Soekarno.

BACA JUGA:  Puncak Pandemi Covid 19 Diperkirakan Bulan Mei Mendatang

“Ibu Fatmawati tidak hanya ibunya masyarakat Bengkulu, tapi ibu seluruh masyarakat Indonesia. Beliau pahlawan yang patut kita teladani karena kegigihannya menjahit bendera pusaka merah putih. Semoga nilai-nilai perjuangan beliau menjadi panutan generasi selanjutnya,” pungkas jokowi.

Peresmian monumen tersebut ditandai dengan dibunyikannnya sirine oleh Presiden Jokowi dengan didampingi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Sukmawati Soekarno Putri, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, walikota Bengkulu ,Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

Perlu diketahui, agenda sebenarnya kunjungan presiden RI ke Bengkulu ada beberapa titik koordinat, yakni peletakan batu pertama jalan Tol Bengkulu – lubuk Linggau, PlTU teluk Sepang , IAIN Bengkulu , dan patung Ibu Fatmawati Soekarno , namun mungkin dengan kepadatan jadwal presiden hanya meresmikan pada satu titik yakni patung Ibu Fatmawati di simpang lima ratu samban kota Bengkulu . ( Bro )