Pemda Bengkulu Selatan Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Program JKN-KIS

Bengkulu Selatan, wordpers.id – Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan berkomitmen meningkatkan kualitas layanan Program JKN-KIS, mulai dari peningkatan kualitas fasilitas kesehatan kepada peserta JKN-KIS lewat implementasi antrean elektronik di Rumah Sakit Bengkulu Selatan, hingga pembayaran iuran Jamkesda yang terjadwal.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Yudi Satria saat Kegiatan forum kemitraan pemangku kepentingan JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Bersama Pemerintah Daaerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Jumat 11/12/2020.

Melalui kegiatan ini, Ia mengharapkan ada persamaan pemahaman antara pemerintah daerah dan BPJS Kesehatan tentang Program JKN-KIS, menampung dan memecahkan masalah yang selama ini terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS.

“Sosialiasi tentang Program JKN-KIS perlu kita lakukan lebih intensif kepada masyarakat di daerah Bengkulu Selatan, terlebih dengan sering diperbaruinya regulasi tentang JKN-KIS ini. Sebab, masih ada masyarakat belum begitu paham tentang Program JKN-KIS, sehingga kami mohon program ini lebih dikenalkan ke masyarakat bahkan sampe tingkat RT, RW atau desa,” ujar Yudi.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Adian Fitria menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Program JKN-KIS di Kabupaten Bengkulu Selatan. Salah satunya, data kepesertaan JKN-KIS yang berkualitas sesuai dengan NIK yang dikeluarkan oleh Dukcapil.

“Kepesertaan JKN-KIS sampai saat ini di Kabupaten Bengkulu Selatan sudah menyentuh angka 160.710 peserta atau 94.52% dari total peduduk sebesar 170.028 perserta, ini merupakan hal yang perlu ditingkatkan,” ujar Adian (Be)

Pada Kesempatan terpisah, Sekertaris Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Yudi Satria juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan juga akan terus berkomitmen menjaminkan masyarakatnya.

“Perlu diketahui, Pemda Bengkulu Selatan tentunya akan terus berkomitmen menjamin masyarakat dalam Program JKN-KIS dengan telah dianggarkannya anggaran untuk melanjutkan kerja sama Jamkesda untuk tahun 2021,” Tutupnya. (Ali/ADV)