7 Fraksi DPRD Bengkulu Utara Setujui Raperda APBD 2023 Dibahas Lebih Lanjut

Bengkulu Utara, Word Pers Indonesia – Wakil Bupati (wabup) BU Arie Septia Adinata SE. M.AP hadiri rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten BU Tahun Anggaran 2023, di ruang rapat Paripurna DPRD BU, Senin (14/11/2022).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD BU Sonti Bakara SH menyampaikan, hari ini adalah penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi pendukung DPRD Kabupaten BU terhadap Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rancangan APBD kabupaten BU Tahun Anggaran 2023.

Selanjutnya, setiap fraksi menyampaikan pandangan umumnya melalui juru bicara masing-masing, dimulai dari Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golongan karya, Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Gerindra, dan PKB, serta fraksi Gabungan PAN, PKS, PPP, Perindo, dan Hanura (FGP4H).

“Secara umum, semua fraksi menerima nota Keuangan dan Raperda APBD 2023 untuk dibahas lebih lanjut sesuai prosedur yang berlaku, dengan masing-masing memberi catatan pertanyaan dan masukan, untuk nantinya mendapatkan penjelasan dari pihak eksekutif berikutnya,”ujarnya.

Sementara itu Wabup BU Arie Septia Adinata, SE, M.Ap mengatakan, penyampaian rancangan ini berdasarkan kesepakatan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rancangan APBD Kab BU Tahun Anggaran 2023, APBD merupakan Rancangan euangan tahunan pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan amanat rakyat melalui pihak eksekutif dan legislatif untuk memberikan pelayanan secara umum dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Hari ini kita mendengar tanggapan pandangan fraksi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara bahwa kritik saran dan masukan menjadi wadah kita untuk bersama-sama, tentu komitmen pemerintah daerah adalah menjalankan tata kelola pemerintah daerah efektif, kondusif dan transparansi, besok pihak eksekutif akan menjawab pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, insyaallah dngan sinergitas dan kaloborasi ini akan menjadi kabupaten yang lebih baik lagi,”jelasnya.

BACA JUGA:  Rapat Paripurna DPRD BU 2024: Evaluasi Fraksi Terhadap Raperda Bantuan Hukum Masyarakat Miskin

Rapat Paripurna ini turut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), anggota DPRD Kabupaten BU, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal, dan Tenaga Ahli DPRD. (ADV/Apriansyah)