Disiplin dan Komitmen, Kunci Sukses Pemkot Pangkalpinang Raih Penghargaan Meritokrasi

Word Pers Indonesia – Pemerintah Kota Pangkalpinang berhasil meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dalam penilaian tersebut, Pangkalpinang menduduki peringkat baik dengan perolehan poin sebanyak 268.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto di Yogyakarta pada Kamis (7/12/2023), diterima oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan.

“Alhamdulillah, implementasi meritokrasi di Pangkalpinang mendapatkan pengakuan dari lembaga yang berkompeten. Terima kasih kepada ASN di Pemkot Pangkalpinang yang tidak hanya mempertahankan, tetapi juga meningkatkan praktik meritokrasi, seperti yang diakui melalui penghargaan ini,” kata Lusje.

Lusje berharap bahwa penghargaan ini dapat menjadi dorongan bagi pemerintah kota untuk terus memperbaiki sistem merit yang sudah ada. Ia mengajak para ASN untuk tetap disiplin dan berkomitmen dalam menjaga sistem merit. Menurutnya, disiplin memegang peranan strategis dalam meningkatkan kualitas sistem merit di berbagai kegiatan.

Ia juga berpesan kepada ASN untuk mengambil langkah-langkah strategis lebih lanjut guna memperbaiki implementasi meritokrasi. Bahkan, jika memungkinkan, Lusje menyarankan penggunaan talent pool untuk pengisian jabatan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

“Mungkin langkah tersebut dapat diimplementasikan di masa mendatang. Namun, pada hari ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para ASN yang telah berupaya keras sehingga pemkot dapat meraih penghargaan ini,” ujarnya.

Gelaran Anugerah Meritokrasi diadakan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah agar dapat mempercepat implementasi sistem merit. Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang didasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, tanpa memandang latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.

BACA JUGA:  Alasya Givliyani Titnusa Tanate Peraih Juara 1 Catwalk Man & Women Model Indonesia Tingkat Nasional

Reporter: Siti
Editor: Redaksi