Hasil Monev, Realisasi DD Tahap I Kecamatan Air Rami Rampung

Mukomuko, Wordpers.id – Pemerintah  Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, melaksanakan Monitoring Evaluasi (Monev) Pengelolaan Tahap 1, DD, 2020, terakhir di Desa Talang Rio dan Desa Rami Mulya.

Monev di 2 Desa ini di Pimpin kembali oleh Sekcam Air Rami Samadi, S.Sos, didampingi oleh Kasi Ekobang Lica Hermi , S.Sos, Kasubbag Perencanaan dan Keuangan M.Sidik,S.Sos, Staf Ekobang Mimran, Desi Hariani.

Sedangkan dari Tenaga pendamping teknis Kecamatan Air Rami atas nama Bintang, dan  atas nama Herman sendiri  adalah Tenaga pendamping lokal Desa.

Turut hadir  dalam Monev tersebut Unsur Muspika Polsek Mukomuko Selatan yang diwakili oleh Kapospol Kecamatan Air Rami AIPTU Warno, Koramil 428-02/ Ipuh diwakili Babinsa Desa Talang Rio Sertu Eka Sepri Putra.

Sekcam Air Rami Samadi, S.Pd bersama rombongan mengecek langsung pembangunan fisik dan memeriksa tertib administrasi yang dilaksanakan aparat desa.

Samadi sendiri mengatakan, monitoring dan evaluasi tersebut merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi Kecamatan dalam pengawasan dan pembinaan dalam pengelolaan keuangan desa agar terlaksana sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Tujuan monev kepada masing-masing desa terkait pelaksanaan pembangunan menggunakan Dana Desa, agar tidak terjadi penyimpangan, tetapi terlaksana sesuai rencana awal dan sesuai RAB serta gambar yang sudah ada.” ungkapnya.

Mantan Kepala UPTD Kecamatan Air Rami ini juga menyampaikan, Pelaksanaan monitoring dan evaluasi sudah dilaksanakan di 12 Desa yang ada di Kecamatan Air Rami mulai pertengahan Juni lalu.

Menurutnya, 12 Desa yang sudah dimonitoring adalah,  Desa Bukit Harapan, Marga Mulya, Cinta Asih, Dusun Pulau, Tirta Mulya, Makmur Jaya, Arga Jaya, Air Rami, Bukit Mulya, Mekar Jaya, Talang Rio, dan Rami Mulya.  

BACA JUGA:  Tokoh Air Rami Mbah Kasidi bersama Pemuda Siap Bersama Choirul Huda-Rahmadi

Disisi lain, Kepala Desa pjs Talang Rio M.Sidik, S.Sos, saat dimintai keterangan sebelum berlangsungnya Monev di balai Desa Talang Rio, Senin 29/6 mengatakan, anggaran DD 2020 tahap pertama sebesar 40% di Desanya telah direalisasi untuk tiga Item pembangunan. Antara lain pembangunan Tugu Batas Desa, Pagar Desa, dan pembangunan gedung TPA.

“Dari ke tiga Item pembangunan tersebut diantaranya sudah ada yang terealisasi 100 persen dan ada juga yang terealisasi 75 persen”. Pungkasnya.(Zul)