Bawaslu: Komitmen Bersama akan Tentukan Suksesi Pilkada 2020

wordpers.id– Bawaslu resmi melauching pengawasan pilkada serentak 2020 pada Kamis, 12 Maret 2020 bertempat di Mercure Hotel, Kota Bengkulu. 

Ketua Bawaslu RI Abhan menghimbau, seluruh komponen masyarakat, khususnya peserta pilkada, partai politik, tim kampanye dan pasangan calon untuk mematuhi segala aturan yang ada di regulasi Pilkada. 

Untuk menyukseskan pilkada ini lanjutnya dibutuhkan komitmen bersama, terutama komitmen integritas untuk taat dan patuh pada aturan yang ada.  Minimal ada tiga komponen pokok sebut Abhan untuk bisa mewujudkan pilkada yang Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) dan Jujur dan Adil (JURDIL). 

Yaitu, komitmen integritas dari penyelenggara Pemilu dan aparat keamaan TNI-Polri yang harus objektif dan netral, Komitmen integritas dari peserta pemilu, serta komitmen integritas dari masyarakat untuk taat dan patuh pada aturan.

“Melalui forum ini kami Mengajak untuk bersinergi, bersama sama mensukseskan pilkada 2020. Kesuksesan pilkada 2015 harus kita ulang di pilkada 2020,” tutur Abhan.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah optimis penyelenggaraan Pilkada serentak tahun ini di Provinsi Bengkulu akan berjalan baik dan lancar.

Menurutnya secara geografis wilayah Bengkulu mudah dijangkau,  sehingga pelaksanaan pilkada serta pengawasannya tidak sulit dilakukan. Sebelumnya pemerintah Provinsi Bengkulu juga telah menganggarkan lebih dari 50 miliar untuk Bawaslu guna pengawasan pilkada 2020.

“Kita berharap pilkada serentak di Bengkulu ini berjalan baik, kita menyiapkan anggaran yang cukup sehingga diharapkan proses pengawasan betul-betul efektif,” ujarnya.

Selain itu Gubernur Rohidin juga mengharapkan komitmen seluruh element masyarakat untuk turut serta mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di delapan kabupaten. (***)

BACA JUGA:  Rentan Pelanggaran Masa Tenang Pilkada 2020

Posting Terkait

Jangan Lewatkan