Kukuhkan Pokdarwis Batu Kumbang, Pemkab Mukomuko Dorong Sektor Pariwisata

Pengukuhan Pokdarwis Batu Kumbang Desa Pulau Baru Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Foto/Dok Fajr
Pengukuhan Pokdarwis Batu Kumbang Desa Pulau Baru Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Foto/Dok Fajr

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Bidang pariwisata merupakan salah satu sektor yang penting di era globalisasi saat ini, aspek ini telah terbukti dapat mengangkat taraf hidup masyarakat. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko dalam hal ini Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA mengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Batu Kumbang, Desa Pulau Baru Kecamatan Ipuh untuk meningkatkan wisata unggulan di kawasan tersebut.

Turut hadir dalam acara, Anggota dprd provinsi bengkulu Dapil Mukomuko, Kadisparpora kab. Mukomuko,
Camat kecamatan ipuh, Unsur tripika kecamatan ipuh, Kades dan BPD se kecamatan ipuh, TNI-Polri serta Tokoh M,asyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Sapuan menyampaikan bahwa, pokdarwis akan menjadi mitra pemerintah yang akan membantu menyukseskan program-program pemerintah, utamanya dalam pengembangan sektor pariwisata di Desa Pulau Baru.

Ia juga mengungkapkan, keunggulan objek wisata adalah kebersihan, dengan dilengkapi sarana dan prasarana pengunjung akan betah untuk datang berwisata seperti wisata yang sudah dilengkapi sarana toilet, tempat ibadah, cafe mini serta kebersihan lingkungan.

“Saya meminta agar masyarakat menjaga kenyamanan pengunjung dengan tegur, sapa, salam dan senyum, karna dengan cara seperti ini pengunjung akan mersa nyaman, dan saya sebagai kepala daerah berharap telah dikukuhkan pengurus kelompok sadar wisata (Pokdarwis) batu kumbang dan pembangunan mushola diharapkan kedepannya pantai ini bisa jadi icon wisata mukomuko yang akan diminati pengunjung untuk berwisata baik dari luar daerah maupun dlm daerah,” ungkap Bupati Sapuan, Jum’at, 5/8/2022.

Harapan Bupati, dengan telah dikukuhkan pengurus kelompok sadar wisata batu kumbang dan pembangunan mushola diharapkan kedepannya pantai ini bisa jadi icon wisata mukomuko yang akan diminati pengunjung untuk berwisata baik dari luar daerah maupun dalam daerah.

“Peletakan batu pertama ini, sebagai simbol kita umat islam, meski dalam keadaan berwisata dengan adanya fasilitas mushola ini demi kebutuhan masyarakat dan pengunjung agar tetap bisa melakukan beribadah solat,” ujar bupati.

Dalam pengukuhan ini, di fasilitasi dengan disediakan buah kelapa segar seperti layaknya wisata lainnya, dan setelah itu ada juga sambutan tari persembahan untuk bupati, dan tamu lainya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Mukomuko, Agus Harvinda Se, MS.I mengatakan peresmian dan pengukuhan pokdarwis batu kumbang Alhamdulillah berjalan lancar. Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata desa dan mensukseskan pembangunan pariwisata daerah/nasional.

“Dengan demikian Kelompok Sadar Wisata merupakan kelompok yang tumbuh atas inisiatif dan kemauan serta kesadaran masyarakat sendiri guna ikut berpartisipasi aktif memelihara dan melestarikan berbagai obyek dan daya tarik wisata dalam rangka meningkatkan pembangunan kepariwisataan di daerah,” paparnya

lanjutnya, Pokdarwis merupakan mitra Pemerintah, dan diharap dapat bersinergi bersama dalam pengembangan program pariwisata.

“Dengan telah dikukuhkannya pokdarwis ini, Pihak Dinas Pariwisata tentunya akan selalu menjalin sinergitas
dengan Pokdarwis Kabupaten Mukomuko dalam segala lini pengembangan Pariwisata demi tujuan yang sama membangkitkan Ekonomi masyarakat dari lini Pariwisata dan pembangungan,” lanjutnya.

Ia juga mengemukakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang sadar akan potensi wisata di sekitar. Melalui Pokdarwis ini, juga diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat setempat guna memfokuskan pengembangan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Di saat sekarang ini, sektor pariwisata merupakan salah satu bidang yang perlu diperkuat dan digalakkan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” tuturnya. (Bambang)

 

Next Post

Usai Dikukuhkan, Ini Harapan Camat Ipuh Kepada Pokdarwis Batu Kumbang

Sab Agu 6 , 2022
Mukomuko, Word Pers Indonesia – Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) Batu Kumbang dikukuhkan Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA, di lokasi wisata Pantai Batu kumbang, Desa Pulau Baru, Kecamatan ipuh, Jumat (5/8). Harapan besar langsung dibebankan kepada struktur  Pokdarwis Batu Kumbang untuk memajukan destinasi wisata di Kecamatan Ipuh […]
Foto Bersama Usai Pengukuhan POKDARWIS Batu Kumbang
September 2022
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930