Pilkada Bengkulu Utara, Ada Tujuh Alasan Kemenangan Mian-Arie Melawan Koko

Bengkulu, wordpers.id – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis survei dan hitung cepat hasil Pilkada Bengkulu Utara dua Pasangan Calon Mian-Arie dan Kolom Kosong (Koko). Rilis digelar di Hotel Mercure Bengkulu, Rabu (9/12/2020) sore. 

Dalam rilis yang menempatkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara, Mian-Arie sebagai pemenang melawan kotak kosong (Koko), LSI juga menyampaikan sejumlah analisa mengapa Mian-Arie menang.

Pertama, tingkat pengenalan dan kesukaan terhadap Mian-Arie. Tingkat pengenalan terhadap Mian diangka 98,7 persen, dan kesukaan 84,3 persen. Sedangkan tingkat pengenalan terhadap Aire diangka 83,9 persen dan tingkat kesukaan 76 persen.

Kedua, masyarakat mayoritas puas dengan kinerja Mian-Arie sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara. Kepuasan terhadap Mian diangka 62,5 persen dan terhadap Arie diangka 52,5 persen.

Ketiga, tingkat menginginkan kembali terhadap Mian diangka 72,0 persen dan Arie 65 persen.

Keempat, mayoritas masyarakat Bengkulu Utara menilai Pemda Bengkulu Utara berhasil diperiode jabatan Mian-Arie, yakni diangka 65,8 persen.

Kelima, didukung mayoritas yang merata di semua dapil, yakni diatas 50 persen.

Keenam, mendapat legitimasi politik yang tinggi, yakni dengan diusung 10 partai politik dan 1 partai pendukung.

Ketujuh, partisipasi masyarakat yang memilih Mian-Arie sangat tinggi.

Untuk diketahui, Pilkada Bengkulu Utara 2020 yang hanya diikuti oleh satu pasangan calon, yakni Ir Mian dan Arie Septia Adinata, berhasil unggul sementara berdasarkan hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI). 

Dari data yang dirilis LSI di Hotel Mercure, Rabu (9/12/2020) sore, Mian-Arie berhasil mengalahkan kotak kosong dengan perolehan sementara diangka 69,93 persen, sedangkan suara kotak kosong 30,07 persen. Adapun jumlah suara masuk 94 persen. (LSi)