Mantab! Lubuk Sanai Mukomuko Pertama Raih Penghargaan Desa Integritas

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Pemerintah Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto, pada awal tahun 2023 ini telah menerima penghargaan sebagai Desa Integritas.

Penyerahan penghargaan ini berlangsung di kantor Desa Lubuk Sanai dan langsung dihadiri Kanwil DJPB Provinsi Bengkulu, Syarwan, S.E.,M.M.

Turut hadir Penjabat Sekda Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH. M.Si. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Mukomuko, Haryanto, SKM, Kepala KPPN, Camat serta para kades se-kecamatan XIV Koto dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekertaris Daerah Kabupaten Mukomuko Drs Abdiyanto,SH M,Si sangat mengapresiasi hal tersebut.

”Mewakili pemerintah kabupaten Mukomuko, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Lubuk Sanai, bahwa penetapan zona Intergritas Desa Lubuk Sanai, tidak mungkin Desa Lubuk Sanai Kalau tidak tepat waktu dalam pembetukan APBDes, kapan tepat waktunya harus di sepakati oleh BPD, dan kapan tempat waktunya, yaitu per Desember,” ujar Sekda saat Hadiri Pemberian Penghargaan di Kantor Desa Lubuk Sanai, Selasa (14/2/23).

Sekda Abdianto juga menghimbau kepada seluruh Kepala Desa segera selesaikan APBDesnya selanjutnya serah aset kalau sama BPD itu keliru, serah aset itu, dari TPK kepada kepala Desa.

“jadi nanti DPMD menyampaikan pelan pelan kepada seluruh kepala Desa yang ada di Kabupaten Mukomuko, dan kami mengucap selamat Kepada Desa Lubuk Sanai, yang mendapat penghargaan Desa Itergritas dari Kakanwil Propinsi Bengkulu,” ucap Sekda.

Kepala Kanwil DJPB Bengkulu, Syarwan ,S, MT, juga menjelaskan, bahwa Desa Lubuk sanai ini, yang pertama kali masuk Desa Intergritas Sepropinsi Bengkulu.

“Kami memberikan penghargaan ini, baru di susul oleh kabupaten lain, jadi sekarang se Propinsi Bengkulu ada 12 Desa yang masuk Desa Intergritas, dan kami berharap, Intergritas ini jangan hanya di Desa saja, Kami menginginkan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD, bisa mengikuti jejak Desa yang masuk Desa Intergritas,” harapnya.

BACA JUGA:  Kecelakaan Motor Fatal di Bengkulu Utara, Pengendara Meninggal Dunia

Sementara itu, Camat XIV koto, Azwardi mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil yang mana memberikan penghargaan kepada Desa binaan kami, semoga kedepannya Desa – Desa lainya bisa menyontoh Desa Lubuk Sanai ini,” harapnya.

Tak Mau ketinggalan, Kepala Desa Lusan, Mutriadi, sangat Berterimakasih kepada Kanwil DJPB Bengkulu yang telah memberikan penghargaan kepada Desa Kami, dan sekaligus menetapkan Desa kami menjadi Desa Zona Intergritas, jadi dengannya ini merupakan cambuk bagi kami untuk kedepannya. Mudah-mudahan bisa mempertahankan sesi-sesi ini sehingga lebih baik lagi.

” Kami meminta dukungan dan binaan kepada Pemerintah Daerah atau yang berkait, bahwa Desa kami tanggal 26 Februari nanti akan di lombakan se Propinsi Bengkulu tentang Desa Itergritas, maka oleh itu kami meminta doa dan dukungan oleh semua pihak, yang terkait” pinta Kades.(Red/Bbg)