Perayaan Spektakuler HUT IKSPI ke-44 dan Kejuaraan Pencak Silat IKSPI Cup 3 di Mukomuko

18 Medali Gemilang! Prestasi Pagar Nusa di Kejuaraan Pencak Silat IKS.PI Cup 2024 Mukomuko

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Dalam rangka HUT Ikatan Kera Sakti-Putra Indonesia (IKS.PI) Kera Sakti yang ke-44 dan pelantikan pengurus Pengda Bengkulu Cabang Mukomuko, giat ini juga melibatkan Pengesahan dan Pemutihan Se-Provinsi Bengkulu. Ritual Keluarga Silat IKS.PI berlangsung dari Jumat hingga Minggu, 02 hingga 04 Februari 2024, dipimpin langsung oleh Ketua Umum IKS.PI Kera Sakti, KRAT.Drs. H. Bambang Sunarja, MA, dan Ketua Pengda Bengkulu, Wawan Setiyanto.

Dalam upaya mempererat tali persaudaraan antar perguruan silat, Keluarga Silat Ikatan Kera Sakti-Putra Indonesia (IKS PI) Cabang Mukomuko pusat Madiun menyelenggarakan kejuaraan pencak silat, IKS.PI Cup 3. Acara berlangsung di Gedung Serba Guna kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko, dan diikuti oleh berbagai perguruan silat, termasuk Perguruan Silat PN, Perguruan Silat ASAD, dan Perguruan Silat Tapak Suci.

Kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari tersebut bukan hanya sebagai ajang silaturahim anggota IKS.PI, melainkan juga sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa melalui seni bela diri Pencak Silat. Mas Abas, Pelatih Pencak Silat Pagar Nusa (PN) Cabang Penarik, menyatakan tujuan kejuaraan ini adalah untuk memfasilitasi generasi muda yang gemar dengan ilmu beladiri. Pencak Silat, sebagai warisan budaya, perlu dilestarikan dan menjadi bagian dari pembinaan karakter bangsa.

“Tujuan utamanya adalah untuk membina dan mencetak kader bangsa yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur serta berjiwa patriot, karena generasi muda adalah ujung tombak pertahanan negara selain TNI dan Polri,” jelas Mas Abas.

Saat ditanya mengenai hasil akhir Kejuaraan Pencak Silat IKS.PI Cup 2024, Mas Abas menyatakan kebanggaan karena Pagar Nusa berhasil meraih 18 medali, termasuk 5 emas, 11 perak, dan 2 perunggu. “Kami sangat bangga dengan adik-adik yang selalu giat berlatih. Terimakasih dan salam persaudaraan kepada semua Perguruan Silat lainnya, semoga kebersamaan, kerukunan, dan keharmonisan akan selalu terjaga,” tambahnya.

BACA JUGA:  Tawuran Berdarah, Satu Pelajar Kepahiang Tewas

Sudarno, Pelatih Ranting Pagar Nusa (PN) desa Tunggal Jaya di kecamatan Trastrunjam, menambahkan selamat untuk HUT IKS.PI Kera Sakti yang ke-44. Ia berharap agar IKS.PI terus jaya dan solid dalam menjalin persaudaraan antar perguruan Pencak Silat. Melalui kejuaraan seperti ini, diharapkan banyak lahir calon atlet yang dapat berlaga di tingkat nasional dan internasional. “Yang penting keguyuban kita. Saya berharap kepada atlet-atlet silat dari IKS PI, ASAD, Tapak Suci, SH Teratai, PN, dan lainnya, bisa mengharumkan nama Daerah, Bangsa, dan Negara,” pungkas Sudarno.

Reporter: Bambang S
Editor: Anasril