Di Kota Ini, Seluruh Masjid Buka 24 Jam

Kota Bengkulu, Wordpers.id – Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat beragama islam. Namun ada yang tak biasa dengan peraturan pemerintahannya yang layak ditiru. Ialah Kota Bengkulu, dimana Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengintruksikan agar masjid-masjid disetiap kecamatan buka 24 jam.

 Tujuan dan maksud kepala daerah tersebut, untuk memakmurkan masjid yang ada di Kota Bengkulu.

Setelah diterapkan memang berdampak positif untuk jamaah setempat. Salah seorang penjaga masjid Baitur Rahim, Fauzi (65) Senin (13/1) mengatakan bahwa  sejak Agustus 2019 sudah buka 24 jam hingga saat ini.

“Dampak positifnya, kini jumlah jamaah yang datang untuk salat di masjid itu bertambah banyak. Tidak hanya jamaah salat Jumat tapi juga jamaah sholat 5 waktu,” ucapnya.

“Apalagi, jamaah yang salat di masjid Baitur Rahim juga difasilitasi minuman dingin apabila merasa haus. Bahkan bisa membuat kopi dan teh tanpa harus membayar. Namun tertempel tulisan didinding dekat kulkas bahwa teh, kopi dan minuman dingin cukup dibayar dengan Basmallah dan salawat nabi,” sampainya

Ia menyampaikan, sebenarnya jauh sebelum keluar instruksi walikota masjid buka 24 jam, di sini sudah ada fasilitas kopi, teh dan minuman dingin. Sejak itu jumlah jamaah bertambah.

“Kalau dulu jumlah jamaah salat dzuhur, Asar dan Magrib paling banyak 10 orang. Kadang cuma 5 orang. Kalau sekarang, sejak masjid buka 24 jam dan sejak ada fasilitas minuman dingin, kopi dan teh, jumlah jamaah yang salat paling sedikit 2 shaf,” ujar Fauzi.

“Karena masjid buka 24 jam, tetap ada aktifitas ibadah di dalam masjid pada malam hari. Biasanya orang yang datang adalah orang yang ingin melakukan I’tiqaf atau datang untuk sholat Tahajud,” sampainya.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan Pelanggan, Karyawan Perumda Tirta Hidayah Ikuti Pelatihan

“Masjid buka 24 jam ini benar-benar kelihatan dampak dan manfaatnya bagi masyarakat,” ucap Fauzi.

Jamaah yang datang ke Masjid Baitur Rahim, lanjut Fauzi tidak hanya warga sekitar namun juga warga dari luar seperti dari Kabupaten Bengkulu Tengah. Ia menambahkan, pegawai lapas rata-rata salat Jumat di sini, walaupun banyak masjid-masjid lain yang ada di dekat lapas. Bahkan warga dari Kabupaten Benteng juga ada yang sengaja datang untuk salat di sini.

Editor : Redaksi (Sumber : MC Kota Bengkulu)