Pemkot Bengkulu Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadhan hingga Idul Fitri

Wawali Dedy Wahyudi Sidak Pasar

Word Pers Indonesia Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu memastikan ketersediaan stok pangan aman menjelang puasa dan memastikan tak ada penimbunan hingga hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Hal ini dikatakan Wakil Wali kota Bengkulu Dedy Wahyudi, Rabu (30/3/2022) saat Diwawancara.

“Untuk sembako, pak Kapolri dalam sebuah perintah melalui zoom meeting kepada seluruh Polda se-indonesia sudah mengingatkan dan sedang membentuk satgas pangan. Jadi jangan pernah ada pihak-pihak lain yang mencoba-coba melakukan penimbunan, apalagi memainkan harga dan pemerintah akan turun dan akan hadir, termasuk pemerintah Kota Bengkulu juga memastikannya karena ini kebijakan nasional,” ujar Dedy.

Pihak Pemkot dalam hal ini tentunya akan memastikan ketersedian pangan di Kota Bengkulu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

“Kita punya keterbatasan dalam mengintervensi program, tetapi intinya adalah kami akan memastikan melalui disperindag ketersediaan, kemudian bahan sembako tadi, seperti beras dan bahan-bahan pangan lainnya, seperti minyak goreng. Kemarin ini sempat langka, setelah kita turun ada juga perubahan aturan dari pemerintah, sekarang tidak boleh banyak, tapi harganya stabil, inilah PR kita bersama menyikapi hal ini,”tambahnya.

Hasil peninjauannya, Pemkot bersama pihak lainnya akan turun ke lapangan untuk memastikan ketersediaan.

“Tentu kita akan turun ke lapangan memastikan data distributornya. Seperti beberapa waktu lalu, saya bersama Kapolres, Kajari langsung turun memastikan bagaimana situasinya dan disini hampir tidak ada penimbunan di Kota Bengkulu,”lanjutnya.

Selain itu, Dedy juga belum bisa memastikan kegiatan bazar, karena ditakutkan terjadi kerumunan dan dikhawatirkan angka penyebaran COVID-19 kembali naik.

“Kita belum bisa leluasa karena khawatir nanti malah digelar bazar terjadi penumpukan dan masyarakat khawatir, kan pandemi ini belum selesai jadi belum ada kepastian. Kalau itu kewenangannya ada di kita, misalkan pada bagian distributor atau apa, tapi kewenangan yang lebih tinggi yakni gubernur atau pemerintah pusat dengan domainnya masing-masing,”tambahnya.

BACA JUGA:  Hadiri Wisuda Tahfidz Qur’an Juz 30, Wawali Apresiasi SMPN 2 Kota Bengkulu

Karena itu, ia berharap kolaborasi Pemerintah Kota Bengkulu dengan instansi terkait dapat menjaga inflasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Mudah mudahan dengan kolaborasi seperti ini terus bisa menjaga inflasi Kota Bengkulu dan kebutuhan masyarakat akan terpenuhi,” Tutup Dedy Wahyudi. (Red)