Memperingati Hari Jadi Kabupaten Simeulue Ke 24, Pemerintah Paparkan Sejarah Kabupaten Simeulue

Simeulue-WordPers Indonesia-Pemerintah Kabupaten Simeulue laksanakan dihalaman kabupaten Simeulue dan mendengarkan paparan Sejarah hari jadinya kabupaten Simeulue. Kamis, 12 Oktober 2023.

Dengan adanya hari jadi ke-24 kabupaten Simeulue Mengangkat tema “Simeulue Melaju Untuk Bersatu”

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Simeulue (DPRK) memaparkan kisah sejarah berdirinya kabupaten Simeulue sehingga para generasi muda bisa mengetahui dan mengerti bahwa proses berdirinya sebuah kabupaten Simeulue ini tidak semudah kita bayangkan.

Pada Tanggal 12 Oktober 2023 ini tepatnya berdiri sendiri kabupaten Simeulue yang sebelumnya bersama kabupaten Aceh barat yang genap 24 tahun kita berdiri sendiri.

Berdirinya kabupaten Simeulue ini pertama kali dilakukan kongres di Kecamatan teluk dalam desa Luan Balu pada tahun 1957. Gubernur Aceh yaitu bapak Profesor Ali Hasyim yang mendukung isi pernyataan peserta Kongres 1957 didesa Luan balu, Kemudian pada tahun 1963 kembali diadakan musyawarah bersama dan dilanjutkan dengan musyawarah rakyat Simeulue tahun 1980 dimana hasil dari semua pertemuan tersebut harus berubah statusnya menjadi kabupaten otonomi seiring dengan perjalanan waktu.

Perjuangan tetap Diteruskan oleh tokoh-tokoh masyarakat memperoleh dukungan dari berbagai pihak yaitu dari DPRD tingkat 1 Provinsi Daerah Istimewa Aceh dan DPRD tingkat 2 Kabupaten Aceh Barat terbukti pada tahun 1995 menurut Aceh menurunkan tim pengkajian data ke Simeulue pada tanggal 12 Desember 1995 dan sebagai akhir dari perjalanan ini pada tanggal 30 Maret 1996 Alhamdulillah berkat rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala akhirnya hasil dari semua kunjungan tersebut disertai niat yang tulus dari seluruh masyarakat simeulue Bapak Haji Muhammad Soeharto pada tanggal 13 Agustus 1996 menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 1996 tentang pembentukan Kabupaten Simeulue di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Aceh yaitu peningkatan status dari wilayah Aceh Barat menjadi kabupaten administratif atau menjadi kabupaten sendiri.

BACA JUGA:  Menteri ESDM: Saatnya Indonesia Beralih ke Energi Bersih

yang selanjutnya pada tanggal 27 September 1996 bertempat di Gedung DPRD Provinsi Daerah Istimewa Aceh diresmikan oleh menteri dalam negeri Republik Indonesia sekaligus diikuti dengan pelantikan Bapak Drs Muhammad Amin sebagai bupati pertama dikabupanten Simeulue, itulah sedikit ringkasan sejarah yang di paparkan oleh ketua dprk Simeulue.

Dalam hal ini PJ Bupati Simeulue Ahmadlyah juga menyampaikan dalam arahannya, meski suasana yang sangat sederhana alhamdulillah hari ini kita kembali memperingati hari jadi kabupaten Simeulue ke-24 tahun penuh dengan hikmat.

“Selaku pimpinan daerah, mengucapkan Selamat Hari jadi yang ke-24 bagi kita semua,” ucap Ahmadlyah

Semoga dengan peringatan HUT Ke-24 Tahun ini masyarakat Simeulue kembali merasa sama sama memiliki pulau ini sesuai dengan tema yang diusung Simeulue melaju untuk bersatu sehingga dengan mudah meraih cita-cita pembangunan mulai dari batu berlayar sampai dengan batu siambung-ambung.

Tambahnya” Bangkitnya kabupaten Simeulue maju dan tidaknya tergantung kepada kita semua sebagai masyarakat kabupaten Simeulue ayo saling merangkul dan berbahu menuju kesejahteraan kabupaten kita tutupnya.

Editor: Redaksi