Gernas Ketahanan Pangan 2023, Pemda Lebong Lakukan Penanaman Padi

Lebong, Word Pers IndonesiaDalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78, Kodim 0409 Rejang Lebong telah melaksanakan gerakan nasional ketahanan pangan tahun anggaran 2023 dengan cara menurunkan petani untuk menanam di Semelako II, Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong, pada Rabu (1/10/2023) pukul 10.00 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Infanteri M Renaldy Herbowo, Kasdim Mayor ARH M Zaini, Bupati Lebong, Kopli Ansori, yang diwakili oleh Wabup Lebong, Fahrurozi. Hadir juga Sekda Lebong, Mustarani Abidin, Kapolsek Lebong Tengah Iptu Tulus Wibowo, Kadis Ketahanan Pangan Lebong, Tina Herlina, Kadis Pertanian dan Perikanan Lebong, Hedi Parindo, serta beberapa Kepala SKPD dan Kajari Lebong yang diwakili oleh Kasi Intel, serta Kepala Pengadilan Negeri Tubei yang diwakili oleh Simon Carles Sitorus.

Wabup Lebong, Fahrurozi, memberikan apresiasi kepada para petani yang dengan antusias melaksanakan penanaman di tengah musim kemarau dan dampak El-Nino. Dia menekankan pentingnya semangat dalam pelaksanaan turun tanam, yang merupakan program untuk mensejahterakan masyarakat.

Dia juga memberi penghargaan kepada para penyuluh yang telah memberikan pendampingan kepada petani yang mengikuti program MT2 pada tahun 2023. Wabup mengimbau untuk meningkatkan kecepatan turun tanam guna mengatasi dampak dari El-Nino dan pemanasan global, serta meminta pemdes untuk menyiapkan sumber air bersih dan kendaraan sebagai antisipasi terhadap kekeringan.

Turun tanam ini juga dipantau melalui video konferensi oleh Wakil Presiden KH. Maruf Amin, yang menekankan pentingnya mengoptimalkan lahan tidur untuk produktivitas pertanian. Dia juga menjelaskan bahwa program gerakan ketahanan pangan yang dijalankan oleh TNI diharapkan dapat membantu mengatasi masalah kelangkaan pangan di wilayah yang terdampak perubahan cuaca El-Nino di Indonesia.