Cek Pangkalan, Pertamina Pastikan Ketersediaan LPG 3 kg di Bengkulu Pasca Idul Fitri

Bengkulu, WOrd Pers Indonesia – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, melalui cabangnya di Bengkulu, menggelar inspeksi langsung ke pangkalan-pangkalan LPG di Kota Bengkulu serta beberapa wilayah sekitarnya, seperti Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Muko-Muko, dan Kabupaten Lebong. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa, (16/4/2024), untuk memastikan pasokan LPG 3 kg mencukupi pasca perayaan Idul Fitri.

Dari hasil pengecekan tersebut, dikonfirmasi bahwa stok LPG 3 kg tersedia dalam kondisi normal dan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat. Sejumlah pangkalan di wilayah Bengkulu juga telah mengajak konsumen untuk ikut memantau harga eceran tertinggi (HET) dan proses penyaluran LPG di masyarakat.

Mochammad Farid Akbar, Sales Area Manager Retail Bengkulu, menyatakan, “Pertamina terus memastikan ketersediaan stok LPG sesuai dengan HET di pangkalan resmi. Kami juga mengantisipasi peningkatan permintaan LPG pasca liburan, serta menjaga kondisi yang kondusif dan meningkatkan ketahanan stok di pangkalan.”

Dalam penjelasannya, Farid menekankan pentingnya membeli LPG di pangkalan resmi yang menjamin harga yang sesuai. “Jika ada penyalahgunaan atau penyelewengan subsidi LPG, masyarakat diminta untuk melaporkannya melalui Pertamina Call Center (PCC) 135 agar tindakan tepat dapat diambil,” ujarnya.

Tjahyo Nikho Indrawan, Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, juga menegaskan bahwa masyarakat perlu mengetahui tempat pembelian LPG 3 kg yang bersubsidi dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah daerah atau HET. “Pangkalan resmi memiliki ciri khusus yang mencakup plang penanda nama pangkalan, nomor registrasi, HET, dan informasi agen serta call center,” tambahnya.

Nikho menyoroti peran aktif masyarakat dalam mengawasi distribusi LPG bersubsidi. “Kami mengajak masyarakat untuk membantu memastikan LPG bersubsidi digunakan oleh yang membutuhkan, dengan melaporkan kecurangan atau pelanggaran yang terjadi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Peringati Hari Konservasi Alam Nasional, MLN MC3 Ajak Jaga Ekosistem Lingkungan

Dengan demikian, Pertamina berharap kerjasama antara perusahaan dan masyarakat dapat menjaga stabilitas pasokan LPG di wilayah Bengkulu dan sekitarnya.(*)