Bersinergi, BIN dan Pemkab BS Gelar Vaksinasi Massal Siswa SD dan MI

BIN dan Pemkab Bengkulu Selatan Gelar Vaksinasi Massal Anak SD dan MI
BIN dan Pemkab Bengkulu Selatan Gelar Vaksinasi Massal Anak SD dan MI

Word Pers Indonesia – Setelah sukses menggelar Kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 Tahun di Kabupaten Bengkulu Selatan pada akhir Desember lalu, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Bengkulu terus bergerilya mengejar capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Kali ini Badan Intelijen Negara Daerah Bengkulu bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan dan Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan kembali menggelar vaksinasi massal untuk anak usia 6-11 tahun. Sasarannya adalah siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.

Vaksinasi massal digelar secara serentak oleh seluruh Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah Manna dan Rumah Sakit Assyifa Manna.

Pada kegiatan serbuan vaksinasi yang digelar pada Hari Kamis (6/1/2022), seluruh tim vaksinator baik Puskesmas dan Rumah Sakit diturunkan ke sekolah/madrasah di wilayah kerja masing-masing.

Namun untuk pelaksanaan vaksinasi dan mobilisasi massa lebih difokuskan pada delapan sekolah dan madrasah. Yakni Sekolah Dasar Negeri 73, SDN 75, SDN 88, SDN 83 dan SD Negeri 80 Bengkulu Selatan. Sedangkan untuk siswa Madrasah dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Quraniyah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bengkulu Selatan dan Madrasah Ibtidaiyah Makrifatul Ilmi.

Dari pantauan di lapangan, serbuan vaksinasi yang digelar oleh BINDA Bengkulu dan didukung penuh oleh Pemda Bengkulu Selatan, Dinas Kesehatan, Dinas Dikbud dan Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan direspon antusias oleh siswa dan orang tua siswa. Ribuan siswa SD dan MI berpartisipasi pada vaksinasi massal ini.

Untuk vaksinasi anak SD, pihak sekolah dan Dinas Kesehatan meminta orang tua siswa agar mendampingi anaknya pada saat divaksin. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses skrining terhadap anak.

BACA JUGA:  Info Kesehatan, Ini Obat Tradisional Pereda Nyeri Haid

“Kami menargetkan 2.500 dosis pada kegiatan ini. Di 8 sekolah dan madrasah sasaran utama tadi jumlah siswanya hampir 1.500 orang, belum lagi ditambah pelaksanaab vaksinasi oleh Puskesmas-Puskesmas. In syaa Allah sampai selesai nanti bisa mencapai target,” jelas Korwil 2 Badan Intelejen Negara Daerah Bengkulu Yusrizal.

Selain menggelar vaksinasi massal untuk pelajar, menurut Yusrizal, BINDA Bengkulu juga menggelar Vaksinasi door to door untuk Lansia di Bengkulu Selatan. Pada kegiatan vaksinasi door to door ini, BINDA Bengkulu juga menyiapkan bingkisan berupa Sembako kepada Lansia yang divaksin.

Sementara itu Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan, Efriansyah mengaku telah menjadwalkan vaksinasi ke Sekolah Dasar se Bengkulu Selatan. Dirinya menargetkan pada Minggu ketiga Bulan Januari 2022, capaian vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun telah di atas 50 persen.

“Dalam upaya mengejar target ini, kita terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas, Polres termasuk BIN. Kita juga sudah menyusun jadwal vaksin keliling ke sekolah-sekolah,” jelas Efriansyah.

Sementara itu menghadapi pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang kian dimassifkan ini, PLT Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Budi Syahputra mengaku telah menyiapkan stok vaksin yang cukup. Adapun jenis vaksin yang disiapkan adalah Vaksin Sinovac.

“Vaksin yang digunakan jenis Sinovac. Vaksin jenis ini terbukti secara klinis dan teruji aman bagi anak-anak. Jadi tidak perlu ragu dan takut. Vaksin aman untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tahun, orang tua juga tidak perlu cemas,” demikian Budi. (Ali)