Lomba Tingkat Provinsi, Dua BUMdes di Mukomuko Raih Juara

Mukomuko, Word Pers Indonesia – Salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Mukomuko mengharumkan nama Kabupaten Mukomuko ditingkat Provinsi Bengkulu. Yakni BUMDes Berkah yang berada di Desa Banjar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai menjadi juara 1 pada lomba BUMDes di Desa Maju, Berkembang dan Mandiri tingkat Provinsi Bengkulu.

“Alhamdulillah kita harus bersyukur karena BUMDes di Desa Banjar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai mendapat penghargaan dari Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bengkulu karena telah menjadi juara 1 lomba BUMDes di Desa Maju, Berkembang dan Mandiri tingkat Provinsi Bengkulu,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Haryanto ketika di konfirmasi, Senin (5/12).

Dikatakan Haryanto, bahwa pada lomba BUMDes yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu ini ada sebanyak dua BUMDes dari dua di dua Kecamatan di Kabupaten Mukomuko mengikuti lomba penilaian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Selain juara 1 untuk BUMDes yang di Desa Sendang Mulya, Kecamatan Penarik juga menjadi juara 2 tingkat Provinsi Bengkulu Katagori desa tertinggal.

“Ya dua BUMDes yang mengikuti lomba BUMDes tingkat Provinsi Bengkulu di daerah kita menjadi juara 1 dan 2,”terangnya.

Dikatakan Haryanto dengan adanya lomba penilaian BUMDes tingkat provinsi Bengkulu ini akan menjadikan semangat semua pihak dalam memajukan BUMDes yang ada di daerah ini. Semoga dengan menjadi juara 1 dan 2 lomba penilaian BUMDes kedua BUMDes ini bisa menjadi motivasi seluruh BUMDes yang ada di Kabupaten Mukomuko.

“Kita berharap kedepan BUMDes di daerah ini terus berkembang dan maju sehingga memberikan dampak positif untuk perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Mukomuko, H. Sapuan sangat mengapresiasi Dua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Mukomuko yang telah menjadi juara di tingkat Provinsi Bengkulu pada lomba BUMDes di Desa Maju, Berkembang dan Mandiri tingkat Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:  Bupati Bengkulu Selatan, Temu BUMDes se Kabupaten

Dikatakan Bupati Mukomuko, H.Sapuan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola dengan baik akan menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Kemudian meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut.

“Apabila Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dikelola dengan baik dan usaha yang dikembangkan ini sesuai dengan potensi yang ada di desa, ekonomi masyarakat bisa dikembangkan sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut dan BUMDes ini akan menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk kemajuan desa tersebut,”kata Bupati usai kegiatan Rakor percepatan penyusunan APBDes tahun 2023, Selasa (6/12).

Ditambahkannya, bahwa Dana Desa (DD) ini bisa dialokasikan untuk modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dan pada jenis Usaha BUMDes ini tidak terpaku dengan 1 jenis usaha minimal 2 jenis usaha agar cepat berkembang dan maju.

“Kalau usaha BUMDes ini sesuai dengan potensi yang ada di desa pasti BUMDes bisa berkembang dan maju,” pungkasnya Bupati. (Bbg/Kom)