Putri Ariani Finalis AGT Tutup Pionir Gamada 2024 di UGM

Sleman, Word Pers Indonesia – Empat besar finalis America’s Got Talent (AGT) Putri Ariani menyemarakkan penutupan rangkaian kegiatan Pionir Gadjah Mada Muda (Gamada) 2024 di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) di Bulaksumur, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu 3 Agustus 2024.

Mahasiswa baru Fakultas Hukum (FH) UGM ini menampilkan dua lagunya yaitu Mimpiku, Who I Am dan lagu khusus panitia Pionir Gadjah Mada. Dalam kesempatan itu, Rektor UGM Prof. Ova Emilia bersama Prof. Wening Udasmoro dan Dr. Widyastuti menampilkan senandung kolaborasi lagu ‘UGM Kampusku Tercinta’ yang diciptakan oleh Agus Wahyudi.

Tahun ini Pionir Gamada mengusung ide membuat rangkaian formasi selebrasi interaktif menggunakan empat warna yang berbeda dengan mengusung tema ‘Kolaborasi Gadjah Mada Generasi Unggul Indonesia’. Ciri khas penutupan orientasi kampus UGM tiap tahun.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni UGM Dr. Arie Sujito mengharapkan Gamada memiliki semangat kolaboratif diiringi keinginan kuat meningkatkan kualitas diri membawa manfaat bagi sesama.

Ari menuturkan, Pionir Gamada ingin memberikan fondasi bagi mahasiswa agar mampu menjadi pelopor dan inisiator di lingkungan akademik maupun non akademik. “Mempunyai jiwa kepedulian, kepekaan dan empati yang tinggi terhadap sesama civitas akademika dan lingkungannya,” ujarnya.

Arie mengharapkan, Gamada terus memperteguh slogan ‘Sang Juara’, sebagai kristalisasi dari nilai-nilai Gadjah Mada. Ia pun mengingatkan untuk terus bersifat adaptif agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar di masyarakat kelak.

Pionir Gamada resmi ditutup secara simbolis dengan peletakan miniatur catur oleh Rektor UGM dan Koordinator Umum Pionir Gamada. “Alhamdulillahirobbilalamin Pionir Gamada 2024 ditutup dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim action plan dimulai,” ungkap Ova.

BACA JUGA:  UAD Fair 2024 Resmi Dibuka, Rektor: Tingkatkan Skill Kewirausahaan Mahasiswa

Action plan sebagai bentuk perwujudan aksi nyata para Gamada untuk masyarakat akan dilaksanakan pada tanggal 4-10 Agustus 2024 mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang kreasi, mewujudkan ide nyata dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai wujud implementasi nilai-nilai ke-UGM-an.

Kegiatan action plan ini juga merupakan bentuk komitmen UGM dalam pengelolaan sampah serta mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pionir Gamada merupakan kegiatan pembelajaran, pengenalan, penggalian potensi dan orientasi untuk mendidik calon pemimpin muda yang memiliki visi seiring dengan nilai-nilai ke-UGM-an.

Melalui tema ‘Kolaborasi Gadjah Mada, Generasi Unggul Indonesia’, Gamada diharapkan dapat menjadi pribadi yang memiliki rasa daya saing tinggi dan semangat kolaboratif untuk menjadi generasi yang unggul. (Rio)